UMA Serahkan Bantuan Paket Sembako kepada Korban Banjir Bandang Barus

Wakil Rektor III UMA Dr Rizkan Zulyadi mewakili Rektor UMA saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang Barus. 

KANALMEDAN – Badan Kemakmuran Masjid (BKM) At Taqwa Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Universitas Medan Area (UMA) menyerahkan bantuan 100 paket sembako kepada warga korban banjir bandang di Desa Sigambo-gambo, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, di pelataran parkir Masjid Jamik, Sigambo-gambo, Minggu (25/12/2022).

Bantuan sembako itu langsung diserahkan Rektor UMA melalui Wakil Rektor III Dr Rizkan Zulyadi SH MH didampingi Dekan Fakultas Agama Iskam (FAI) UMA yang juga Ketua BKM At Taqwa UMA Dr Hasrar Efendi Samosir MA.

Turut dalam penyerahan bantuan itu, sejumlah Pengurus BKM At Taqwa seperti Prof Dr H Ahmad Rafiqi Tantawi MS, Dr Rizki Pristiandi M.Pem.I, Erni Ernawati SE, Dr Abdul Haris. MA, Alifiah Margolang, Dra Waridah Pulungan, Neng Nurcahyati Sinulingga dan Liza Utami Margolang. Rombongan tim BKM At Taqwa UMA diterima Sekdes Puli Limbong dan pengurus BKM Masjid Jamik Desa Sigambo-gambo.

Masing-masing paket bantuan yang diberikan UMA tersebut terdiri dari beras 10 Kg, minyak goreng, gula dan bubuk teh serta keperluan dapur lainnya. Seratusan masyarakat korban banjir bandang di desa tersebut mengaku terharu dan mengucapkan terimakasih kepada UMA.

Rektor UMA mengatakan, kehadiran rombongan BKM At Taqwa UMA di Kota Barus ini sebagai bukti kecintaan UMA kepada masyarakat Barus. “Kehadiran kami di sini (UMA-red) bukti kecintaan kami. Doakan kami tetap sehat dan dalam lindungan Allh Swt,” kata Rizkan.

Ia mengharapkan kepada warga yang mengalami bencana agar tetap sabar dan penuh harapan ke depan. Bencana kata dia, merupakan ujian yang diberikan Allah Swt kepada setiap hamba-Nya. “Kita tidak tahu kapan waktu Allah memberikan ujian, tugas kita sebagai hamba adalah sabar dan beriktiar,” kata rektor.

Ketua BKM At Taqwa yang juga Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UMA Dr Hasrat Efendi Samosir MA mengajak korban banjir agar tetap bersabar dari ujian Allah SWT.

Dia berharap agar masyarakat Barus terhindar dari banyak bahaya Dirinya berpesan agar masyarakat segera memakmurkan masjid, kemudian sholat sebelum disholatkan. Ini kata dia sangat penting agar hamba Allah yang diberikan musibah tetap ingat Allah.

“Selanjutnya, saya mengajak kita semua agar tetap menghadiri pengajian dan jangan lupa bersedekah. Amalan ini akan menghilangkan musibah hamba Allah,” kata dia.

Pengurus BKM At Taqwa Universitas Medan Area (UMA) berfoto bersama dengan korban banjir bandang Barus, usau meneri paket bantuan dari UMA,  Minggu (25/12/22). 

Di sela-sela pemberian bingkisan sembao kepada korban banjir badang di Barus, Hasrat Efendi Samosir juga menyampaikan tausyiah di halaman  masjid Jamik dihadiri ratusan masyarakat di Desa Sogambo-gambo.

Dalam tausyiahnya, Hasrat mengingatkan masyarakat Barus untuk tetap mengingatkan Allah dan jangan lupa kepada sholat, sedekah. Karena kata dia, dengan amalan inilah umat Islam akan terhindar dari banyak ujian.

Prof Dr Ahmad Rafiqi Tantawi yang diberikan kesempatan menyampaikan sambutan pada acara itu, juga mengingatkan masyarakat tetap kuat dan diberikan ketabahan dalam menghadapi ujian.

“Saya yakin, masyarakat Sigambo-gambo kuat dan tabah menghadapi cobaan ini. Semoga Allah melindungi kita semua,” kata Prof Rafiqi yang juga lahir di Kota Barus itu.

Sekdes Sigambo-gambo Puli Limbong menyampaikan bencana banjir bandang yang terjadi di Desa Sigambo-gambo terjadi sekitar 2  bulan lalu. Bencana tersebut kata dia, jarang terjadi, namun hingga kini banjir bandang itu sudah diatasi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BKM At Taqwa UMA yang sudah berbagi, sekali lagi kami sangat berterimakasih atas bantuan ini,” kata Sekdes. (Nas)

Print Friendly