Maraimbang Apresiasi Media Patner Dorong Kemajuan UIN Sumut

Wakil Rektor IV UIN Sumut Dr Maraimbang Daulay, MA, Kepala Biro AAKK Dr H Dur Brutu MAg dan Kasubbag Humas Yunny Salma Nasution SAg, MM diabadikan bersama wartawan di sela acara Temu Ramah dan Silaturahmi Bersama Mitra Media UIN Sumut, di Hotel Miyana, Jalan H Anif, Medan Estate, Rabu (14/9/2022).

KANALMEDAN – Wakil Rektor IV Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut), Dr Maraimbang Daulay, MA mengapresiasi menyampaikan penghargaan setinggi-setingginya terhadap media patner yang telah mendorong kemajuan UIN Sumut hingga memiliki enam kampus dengan 42 ribu mahasiswa.

“Sangat senang dan bergembira bisa bertatap muka dengan media patner yang telah mempublis kekurangan, kelemahan dan keunggulan UIN Sumut. Tanpa kita sadari, peran media patner ini membuat perkembangan UIN Sumut sangat cepat,” kata Maraimbang Daulay pada acara Temu Ramah dan Silaturahmi Bersama Mitra Media UIN Sumut, di Hotel Miyana, Jalan H Anif, Medan Estate, Rabu (14/9/2022).

Hadir dalam silaturahmi itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Sumut Dr H Dur Brutu MAg, Kasubbag Humas Yunny Salma Nasution, SAg, MM, para staf bagian humas, dan belasan wartawan yang bertugas di UIN Sumut.

Wakil rektor yang membidangi kerjasama dan pengembangan lembaga ini berharap, wartawan yang tergabung dalam media patner tetap berkomitmen mendorong kemajuan UIN Sumut.

“Mudah-mudahan kerjasama UIN Sumut dengan media patner tetap terjalin dengan baik bahkan makin baik pada masa yang akan datang,” kata mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang baru dilantik sebagai Wakil Rektor IV 19 Juli lalu.

Mantan aktivis mahasiswa ini sangat menyadari, tidak ada instansi atau lembaga yang berkembang baik dan maju tanpa bekerjasama dengan media. Sebab media adalah corong strategis menyampaikan program-program dan perkembangan UIN Sumut ke masyarakat.

“Kami sadar tak mampu membalas sumbangsih media patner atas kemajuan UIN Sumut. Tapi insya Allah, aspirasi media patner tetap akan mendapat respon yang baik dari Bapak Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap,” tutur Maraimbang.

Sebelumnya, Kepala Biro AAKK UIN Sumut Dr H Dur Brutu MAg, menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada insan pers yang berperan besar terhadap eksistensi dan kemajuan UIN Sumut.

“Peran insan pers selama ini sangat mendukung kemajuan UIN Sumut. Sampai saat ini mahasiswa kita sudah mencapai 42 ribu orang. Tahun ajaran 2022/2023 ini kita menerima 6.200 lebih mahasiswa baru,” kata Dur.

Saat ini, tambah Dur, UIN Sumut memakai empat kampus. Yakni Kampus I di Jalan Sutomo Ujung untuk Pascasarjana, kampus II di Jalan Willem Iskandar untuk lima fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian Kampus IV di Tuntungan untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Sain dan Teknologi.

“Kita juga punya kampus di Kota Tebing Tinggi untuk FKM, Fakultas Tarbiyah, Falultas Dakwah, Fakultas Saintek dan Fakultas Ekonomi,” kata mantan Kakankemenag Deliserdang ini.

Kehadiran kampus UIN Sumut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Tebing Tinggi. Begitu juga Kampus Tuntungan.

“Saat ini UIN Sumut mengasuh delapan fakultas dan satu program pascasarjana. Kita juga sedang mengurua izin pembukaan fakultas kedokteran dan fakultas pertanian,” ungkap Dur Brutu.

WR IV Maraimbang Daulay menambahkan, UIN Sumut dan Pemko Tebing Tinggi telah membuat komitmen, UIN Sumut tidak akan membuka program studi yang dikelola oleh perguruan lain yang sudah ada sebelumnya. “Kita memang berharap, kehadiran UIN Sumut di Tebing Tinggi akan menjadikan kota ini sebagai kota pendidikan. Tapi tidak boleh kehadiran kita akan menyebabkan kemunduran bagi perguruan tinggi lain yang terlebih dahulu ada,” tegas Maraimbang.

Pada silaturahmi itu, Wakil Rektor IV juga mendengar berbagai masukan dari wartawan, di antaranya soal pemberdayaan Subbag Humas sebagai mitra strategis wartawan. (Nas)

Print Friendly