Kepala KUA Helvetia Subuh Berjamaah Bersama Seribu Penghafal Alquran

KANALMEDAN – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Medan Helvetia Muhammad Lukman Hakim Hasibuan, S.Ag, MA hadiri kegiatan subuh berjema’ah bersama seribu  penghafal Al Qur’an se Kota Medan, yang diadakan Badan Kesejahteraan Mesjid ( BKM) Al Muhajirin Komplek Perumahan Bumi Asri Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, Minggu (31/7). 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Gebyar Muharram 1444 H yang dilanjutkan dengan membaca 1 juz Al-Qur’an secara bersama sama bersama para hafiz Al Qur’an sekota Medan yang dihadiri oleh jema’ah Mesjid Al Muhajirin, Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) di antaranya jajaran Pemerintah Kota Medan, Kantor Wilayah  Kementerian Agama Sumatera Utara dan tokoh agama dan masyarakat  Kota Medan.

Walikota Medan diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Medan, H Sofyan mengatakan, pemerintah kota Medan memberikan apresiasi kepada BKM  Al Muhajirin yang telah mengumpulkan para penghafal Al Qur’an se Kota Medan, dengan berbagai kegiatan keagamaan yang turut menyukseskan program Medan Berkah Walikota Medan.

Sementara itu Al Ustadz DR.H. Azhari Akmal Tarigan, MA dalam tausiyahnya mengatakan, kegiatan Gebyar Muharram yang dilaksanakan BKM Al Muhajirin diharapkan dapat diikuti oleh para BKM yang ada di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

Kepala KUA Medan Helvetia Muhammad Lukman Hakim Hasibuan di sela-sela acara mengatakan, “BKM Al Muhajirin adalah salah satu Mesjid Percontohan ‘Mesjid Mandiri’ yang digagas Walikota Medan  yang berada di wilayah Medan Helvetia, dikenal sangat inovatif dan profesional dalam pengelolaan manajemen mesjidnya, memiliki unit dan lembaga pemberdayaan  keagamaan dan  perekonomian umat dengan kekuatan infak jemaahnya.

“Saya sangat mendukung seluruh program BKM Al Muhajirin yang sangat aktif dan inovatif dalam pengelolaan Manajemen Mesjidnya, yang hari ini kembali melakukan  kegiatan keummatan yang spektakuler dengan mengumpulkan para penghafal Quran se Kota Medan menjadi wadah silaturrahmi yang menarik untuk dicermati dan ditiru bagi BKM lainnya di Medan Helvetia,” ujar Lukman.

Lukman juga menambahkan, legalitas alas hak Mesjid sudah bersertifikat Wakaf setelah KUA Medan Helvetia mengeluarkan Akta Ikrar Wakaf beberapa bulan yang lalu setelah memberikan pemahaman tentang wakaf kepada pihak pengembang Perumahan Bumi Asri, ujar Lukman.

Kegiatan  Gebyar Muharram 1444 H/ 2022 M oleh BKM Al Muhajirin tersebut sebelumnya diisi dengan kegiatan perlombaan menghafal Al Qur’an, mulai dari 1 juz sampai 30 juz dan kegiatan sosial lainnya seperti donor darah, operasi katarak dan Khitanan Massal. (sor)

Print Friendly