Rustam Efendy Bersyukur Bisa Berangkat Haji

KANALMEDAN – Drs Rustam Efendi Harahap bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun 1443 H /2022 M.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, senang dan bahagia bisa berangkat haji tahun ini,” kata Rustam di Asrama Haji Medan, Minggu (19/6).

Menurut Rustam, penantiannya untuk bisa berangkat haji ke tanah suci Mekkah cukup lama yaitu sejak tahun 2012, ditambah lagi akibat wabah covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat waktu masa tunggu semakin lama.

Rustam menceritakan, pada tahun 2012 ia mendaftar haji untuk mendapingi ayahnya sebaga calon jemaah lanjut usia yang harus didampingi.

Tetapi, kata Rustam, sebelum berangkat ayah tercintanya mengundurkan diri dan menarik kembali uangnya dan mutuskan tidak jadi berangkat haji dengan alasan sudah terlalu tua.
Sementara Rustam tidak mau menarik uangnya dan tetap menunggu sampai waktu pemberangkatan.

“Alhamdulillah, setelah puluhan tahun menunggu, akhirnya pada tahun ini, saya bisa berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islan kelima” kata Rustam seraya mengatakan ia akan mendoakan dan membadalkan almarhum istri tercintanya Sariati di tempat-tempat mustajab.

” Saya akan selalu medoakan almarhum istri kiranya Allah SWT mengampuni semua dosa dan kesalahannya dan ditempatkan di sorganya Allah.Begitu juga pengganti almarhum istri saya, semoga tetap sehat dan sukses juga semua anak-anak yang saya tinggal selama melaksanakan ibadah haji semua dalam keadaan sehat” harap pengawas sekolah di Kabupaten Deli Serdang ini.

Selama berada di tanah suci, kata Rustam, ia akan fokus melaksanakan ritual ibadah haji yang wajib maupun yang sunnah. “Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kemudahan pada saya untuk dapat melaksanakan ritual ibadah haji dan yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji dengan harapan memperoleh predikat haji mabrur ” kata Rustam. (sor)

Print Friendly