Bedah Buku “Pesona Orang Ternama” Dapat Apresiasi Luar Biasa


Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP beserta penulis lainnya serta para pembedah buku dan pengurus ISMI foto bersama usai bedah buku Pesona Orang Ternama di Sumatera Utara, Senin (14/2/2022).

KANALMEDAN – Kegiatan bedah buku berjudul “Pesona Orang Ternama di Sumatera Utara” mendapat apresiasi yang luar biasa. Bedah buku hasil karya Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP (Rektor UISU), Dr. Shafwan Hadi Umry dan Safrial Pasha yang mengangkat tokoh-tokoh Melayu itu seakan mengobati kerinduan masyarakat Melayu terhadap tokoh-tokoh Melayu  yang telah berkiprah dan berjasa di masanya.

Bedah buku yang digagas Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) Sumut itu digelar di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSU, Senin (14/2/2022). Hadir Wakil Gubernur Sumut. H. Musa Rajekshah, Ketua Umum PB ISMI Dr. H. Tengku Ery Nuradi, MSi, Ketum Umum ISMI Sumut Dr. H. Abd Rahim, M.Hum serta tokoh-tokoh masyarakat Melayu lainnya. Sebagai pembedah buku hadir Prof. Dr. H. Moch. Hatta, Prof. Pujiati Chalid, M.Soc, Sc, Ph.D dan Dr. Phil Ichwan Azhari, MS.

Ketiga pembedah buku secara umum menyampaikan apreasiasinya terhadap karya Dr. H. Yanhar Jamaluddin beserta penulis lainnya yang telah memulai penulisan buku jilid pertama dan jilid kedua. Buku “Pesona Orang Terdama di Sumatera Utara”, seakan membuka tabir sejarah tentang tokoh-tokoh Melayu yang telah mendunia di berbagai bidang, pendidikan, agama dan seni.

Dr. Phil Ichwan Azhari, MS secara gamblang bahkan menjelaskan masih banyak tokoh-tokoh melayu yang masih belum terakomodir dalam buku Pesona orang ternama di Sumatera Utara tetapi memiliki nama besar dan prestasi mendunia. Untuk itu ia berharap agar dijilid selanjutnya tokoh-tokoh melayu lainnya yang belum termasuk di jilid pertama dan kedua, seperti Tengku Fachruddin dan Hamka.

Bedah buku “Pesona Orang Ternama di Sumatera Utara” berkembang menjadi diskusi menarik untuk mengangkat kembali tokoh-tokoh Melayu yang ada di Nusantara. Ketua Umum PB ISMI Dr. H. Tengku Ery Nuradi, MSi yang juga mantan Gubernur Sumatera Utara bahkan mengatakan bahwa PB ISMI terdorong untuk menulis buku tentang tokoh melayu di Nusantara, tidak hanya dari Sumatera Utara. Tengku Ery, secara gamblang meminta Sekretaris Umum PB ISMI dapat menetapkan langkah-langkah untuk Menyusun tim dan menyelesaikan penulisan buku sebelum periode kepengurus PB ISMI berakhir. Pihaknya secara terbuka meminta Dr. Phil Ichwan Azhari, MS ikut membantu penulisan buku tersebut.

Wagubsu H. Musa Rajekshah dalam sambutannya mengaku senang dan mengapresiasi kehadiran buku pesona orang ternama di Sumatera Utara. Menurutnya, buku ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mempertahankan serta melestarikan adat Melayu sekaligus memperkenalkan tokoh-tokoh besar Melayu kepada generasa muda saat ini.

Sementara itu, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP selaku salah satu penulis yang juga Rektor UISU mengemukan ihwal latarbelakang ide penulisan buku ketika Ust. Zulkarnain (alm) yang juga pengurus MUI hadir di UISU memberikan tausiyah. Dalam pembicaraan informal itu, jelas Dr. Yanhar, ust Zulkarnain mempertanyakan kenapa belum ada literatur (buku)  yang menhimpun tokoh kharismatik Melayu yang berperan dan berjasa dalam dunia pendidikan dan keagamaan.

Berawal dari perbincangan itulah, pihaknya mengajak penulis lainnya untuk membuat buku yang menghimpun tokoh-tokoh Melayu, khususnya yang berperan dalam dunia pendidikan dan keagamaan. Sehingga terbitlah buku dengan judul “Pesona Orang Ternama di Sumatera Utara”. Meski tidak banyak mencetak hardcopy buku, pihaknya mempersilahkan masyarakat yang ingin membaca dapat melihat melalui ebook link ; https://s.id/PesonaJilid-I dan https://s.id/PesonaJilid-II.

Selain bedah buku, kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari itu juga diisi dengan penyerahan buku dari penulis kepada Wagubsu H. Musa Rajekshah, penyerahan sertifikat dari Ketum PB ISMI kepada penulis serta diakhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama. (Nas)


Print Friendly