Program Agrotechnopark, UMA Pengabdian Masyarakat di Desa Sei Buluh Sergai

Wakil Rektor (WR) Bidang Informasi dan Kerjasama UMA Dr. Ir. Zulheri Noer, MP dan WR Bidang Akademik Dr. Ir. Siti Mardiana, MS, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr. Ir. Sumihar Hutapea, MS, dan Kapus PKM Ir. Asmah Indrawati, MP berfoto bersama Asisten I Pemkab Sergai  Hj. Nina Deliana, SSos, Kepala Bappeda Hj. Ir. Prihatinah, MSi,  Camat Teluk Mengkudu Sri Rahayu, Kades Sei Buluh Subandi, di sela-sela pengabdian masyarakat UMA.

KANALMEDAN – Dosen dan mahasiswa Universitas Medan Area (UMA) melalui Program Agrotechnopark melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (Kapus PKM) UMA Ir Asmah Indrawati, MP kepada wartawan di Kampus I UMA èJalan Kolam Medan Estate, Rabu (17/11/2021) mengatakan, Desa Sei Buluh Sergai dipilih sebagai lokasi pengabdian karena masyarakat desa ini masih memerlukan pembinaan guna menggali dan mengembangkan potensi desa.

“Karenanya, UMA melalui Program Agrotechnopark hadir memberikan kontribusi agar desa ini dapat menjadi lebih maju dari sebelumnya melalui diseminasi dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna hasil penelitian dan sharing informasi pengetahuan yang dimiliki oleh dosen-dosen serta mahasiswa dari lintas fakultas dan Pascasarjana UMA,” kata Asmah Indrawati.

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Sei Buluh, kata Asmah, telah dilaksanakan Senin (8/11/2021) lalu. Turut dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor (WR) Bidang Informasi dan Kerjasama UMA Dr. Ir. Zulheri Noer, MP dan WR Bidang Akademik Dr. Ir. Siti Mardiana, MS, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr. Ir. Sumihar Hutapea, MS, Kapus PKM Ir. Asmah Indrawati, MP, 12 Tim (3 org/tim) dosen penyuluh/pelatih dan pemotivasi UMA serta 20 mahasiswa UMA.

Kegiatan ini juga dihadiri unsur pemerintah daerah, yakni Asisten I Pemkab Sergai  Hj. Nina Deliana, SSos, Kepala Bappeda Hj. Ir. Prihatinah, MSi,  Camat Teluk Mengkudu Sri Rahayu, Kades Sei Buluh Subandi,  Sekdes Sarif,  Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan, Perikanan, perangkat desa, kecamatan, kelompok tani, anggota PKK dan anggota UKM serta sekira 100 warga masyarakat setempat.

“Saat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standarisasi pemerintah,” kata Asmah yang juga pemandu acara tersebut.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Informasi dan Kerjasama Zulheri Noer saat membuka kegiatan PKM itu menyampaikan, Desa Sei Buluh telah menjadi Desa Binaan UMA yang dituangkan lewat sebuah MoU. Dengan demikian Desa Sei Buluh dapat dijadikan sebagai wadah pengabdian kepada masyarakat dan penelitian serta mencarikan solusi dari permasalahan yang ada di desa, baik dalam hal pertanian, perikanan, peternakan dan pengembangan UMKM, maupun pemasaran digital, bumdes, masalah bidang hukum yang meliputi narkoba, pernikahan dini, proyek bank sampah, edukasi proyek turunan sampah, pelatihan wirausaha berbentuk kerajinan tangan, pemenuhan hak anak dalam bidang pendidikan, pembentukan kelompok tani perempuan, pemanfataan  daur ulang limbah sampah  dan masalah psikologi tentang kenakalan remaja dan lainnya.

Kepala LP2M) UMA Dr. Ir. Sumihar Hutapea, MS, menyerahkan cenderamata kepada perwakilan Pemkab Sergai.

Kades Sei Buluh Subandi menyampaikan, Desa Sei Buluh memiliki 10 dusun dengan jumlah penduduk sekitar 11.454 dan 80 % merupakan dusun pertanian.

Kades juga menyampaikan bahwa banyak permasalahan di desa tersebut sehingga perlu diadakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat agar dapat memecahkan permasalahan dan memberikan solusi. Kades menyambut baik dan berterima kasih adanya tim pengabdian kepada masyarakat UMA yang memberikan penyuluhan untuk Desa Sei Buluh.

Kepala Bappeda Hj.Ir. Prihatinah, MSi menyampaikan terima kasih atas sumbangsih pemikiran para dosen dalam melaksanakan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat.

Sedangkan Kepala LP2M Dr. Ir. Sumihar Hutapea, MS yang menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Serdang Bedagai dan perangkat desa yang  sudah mempersiapkan sarana dan prasana  untuk melakukan kegiatan PKM. “Semoga ilmu yang disampaikan tim pengabdi ini bermanfaat untuk masyarakat Desa Sei Buluh ” katanya. (Nas)

Print Friendly