Tim PKM UMA Latih Kelompok Wanita Tani Sei Rotan Budidaya Tanaman secara Hidroponik


Ketua Tim PKM UMA Ir. Asmah Indrawati, MP, (ketiga kanan) memimpin kegiatan  pelatihan budidaya tanaman secara hidroponik di Dusun III Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

KANALMEDAN – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (UMA) melatih sekaligus melakukan pendampingan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan,  Kabupaten Deli Serdang, berupa budidaya tanaman secara hidroponik.

Pelatihan dan pendampingan dipimpin langsung Ketua Tim PKM UMA Ir. Asmah Indrawati, MP bersama tim, yakni Ir. Rizal Aziz, MP, Mitra Musika Lubis, SP, MP, dan Muhammad Usman.

“Pendampingan sudah kita lakukan sejak bulan Juni sampai dengan bulan Oktober 2021. Kegiatan kita pusatkan di Jalan Medan Batag Kuis, Dusun III, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang,” kata Asmah Indrawati kepada wartawan, di Kampus I UMA, Jalan Kolam No 1 Medan Estate, Senin (1/11/2021)

Asmah yang juga dosen Fakultas Pertanian UMA mengatakan, budidaya tanaman secara hidroponik itu dilpilih, karena berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim, kelompok tani memiliki permasalahan di Kecamatan Percut Sei Tuan, yakni tidak adanya lahan yang dapat dikelola menjadi lokasi budidaya pada umumnya dan keterbatasan waktu dalam budidaya tanaman hortikultura.

“Maka solusi yang kami tawarkan menggunakan teknik budidaya secara hidroponik. Dimana lebih efesien waktu dan lokasi juga sangat sehat karena tidak mengandung residu pestisida,” kata Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UMA ini

Pada kegiatan ini, kata Asmah Indrawati,  tim PKM UMA melakukan sosialisai dan pendampingan secara langsung kepada KWT Taman Aisyiah Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

“Kepada ibu-ibu dari KWT Taman Aisyiah kami latih teknik pembuatan instalasi hidrophonik dengan memberikan staterkit hidroponik untuk tahap awal. Kami juga menghadirkan narasumber Owner Khairi Hidroponeik, Khairiansyah. Pertama, ibu-ibu KWT dilatih  membuat netpot untuk wadah tanam dari gelas cup bekas. Kemudian proses pembuatan persemaian bibit pada busa rock woolarang dan bagaimana proses semainya. Lalu pembuatan larutan nutrisi dengan AB Mix sebagai sumber nutrisi tanaman yang akan diserap oleh tanaman pada sistem hidroponik,” kata Asmah.

Tim PKM UMA juga mengenalkan ibu-ibu KWT aplikasi sistem hidroponik untuk budidaya tanaman hortikultura. Pelatihan yang dilakukan pada bulan September selanjutnya membimbing ibu-ibu KWT teknik budidaya tanaman hidrophonik dengan memanfaatkan sistem pengendalian secara organik untuk penanggulangan hama.

Asmah Indrawati juga mengatakan, untuk mendukung keberlanjutan kegiatan PKM, pihaknya dan tim menyerahkan beberapa paket alat pertanian dan bibit, di antaranya satu set perlengkapan hidroponik (staterkit dan intalasi hidroponik), pupuk NPK dan urea 5 kg, serta bibit sawi, kangkung dan lainnya.

Paket alat hidroponik dan bibit tersebut diterima oleh Ketua KWT Taman Aisyiah Desa Sei Rotan Fatimah Lubis disaksikan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Percut Sei Tuan Ir Murni Lubis. 

“Seluruh anggota dan tim Program Kemitraan Masyarakat UMA mengucapkan terima kasih kepada Universitas  dan Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim yang yang telah mendukung kegiatan ini,” kata Asmah yang juga mantan Kabag Humas UMA.

Ketua KWT Taman Aisyiah Sei Rotan Fatimah Lubis menyampaikan terimakasih kepada tim PKM Fakultas Pertanian UMA yang turun ke desanya untuk memberikan ilmu berupa budidaya tanaman hidroponik. “Mudah-mudahan ilmu dan keterampilan serta alat-alat dan bibit yang diberikan dapat kami kembangkan dengan baik,” kata Fatimah Lubis.

Sedangkan PPL Percut Sei Tuan Ir Murni Lubis mengapresiasi kegiatan yang dilakukan tim PKM UMA. “Ilmu yang diberikan tim PKM UMA sangat bermanfaat untuk ibu-ibu KWT, dan juga membantu tugas-tugas PPL. Semoga program tim PKM UMA berhasil menyejahterakan ekonomi masyarakat Sei Rotan,” harap Murni. (Nas)


Print Friendly