Komisi VIII DPR RI dan Kanwil Kemenagsu Gelar Jamarah

KANALMEDAN – Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah) Angkatan 1 di Wing Hotel Kualanamu Deli Serdang, Jumat (17/9).

Tampil sebagai narasumber Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Gerindra H. M. Husni, SE, MM, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Kemenag RI Dr. H. Jaja Jaelani, MM.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Dr. H. Muhammad David Saragih, MM dalam sambutannya mengatakan, melaui Jamarah diharapkan dapat menghasilkan kesepahaman dan kesepakatan bersama terkait batalnya haji tahun ini dan tahun sebelumnya. Tentu hal utama yang menjadi alasan yakni Covid-19 yang masih menyebar.

Menurut David, pertemuan tersebut sangat baik agar seluruh masyarakat memahami apa yang terjadi dan upaya yang dilakukan Kementerian Agama RI bersama legislatif dalam hal ini Komisi VIII.

“Melalui Kementerian Agama RI kita terus menerus memberikan informasi kepada masyarakat terkait pembatalan haji. Kalau ada isu-isu tentang haji tanyakan langsung kepada pemerintah baik di daerah, provinsi, atau legislatif,” tambah Kabag TU.

Kabag TU mengatakan bahwa pemerintah dan legislatif terus berupaya agar umroh dan haji dapat dilaksanakan Kembali. Tentu dengan lobi, pembicaraan langsung dengan pihak Arab Saudi.
Yakinlah, pemerintah terus berikhtiar dan berupaya agar keberangkatan haji dan umroh dapat dilaksanakan lagi. Tentu kita berharap doa dan ikhtiar kita bersama semoga Covid-19 dapat ditekan dan tidak lagi menjadi penghalang untuk melaksanakan haji dan umroh di masa mendatang,” kata Kabag.

Sementara itu, Anggota DPR RI M. Husni menambahkan bahwa DPR RI bekerja sama dengan Kementerian Agama RI terus mengupayakan pengelolaan haji dan umroh. Dia mengatakan bahwa isu-isu hoax banyak bertebaran. Dan ia berharap agar masyarakat jangan langsung percaya.
Begitu juga dengan Direktur Pengelolaan Haji dan SIHDU Kemenag RI mengatakan bahwa dana haji saat ini masih dikelola dengan baik. Isu-isu seperti dana haji habis, digunakan untuk hal lain adalah tidak benar.

Hadir dalam kesempatan itu, Kabid Haji Kanwil Kemenagsu H Muslim MM, Kasi Pembinaan H Farhan Indra MA, H Syafaruddin dan H Ilyas Siregar. (Sor)

Print Friendly