PWNU Sumut Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban

Suasana pelaksanaan kurban PWNU Sumut di Kampus UNUSU Jl HA Manaf Lubis/Gaperta Ujung.

KANALMEDAN – Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H bertepatan jatuh pada 20 Juli 2021 M merupakan hari besar yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam, tak terkecuali bagi warga Nahdliyin Sumatera Utara. Meskipun berlangsung dalam masa PPKM Darurat COVID-19 di Kota Medan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat pengorbanan yang dicontohkan oleh Nabi Allah Ibrahim AS saat menerima wahyu dari Allah SWT untuk berkurban dan menyembelih anaknya yang shalih Nabi Allah Ismail AS yang merupakan keturunannya yang telah lama sangat dinantikan kelahirannya.

Drs. H. Misran Sihaloho, M. Si, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kurban Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut mengatakan, pada tahun 2021 M/1442 ini panitia telah menerima 15 ekor lembu dan 4 ekor kambing, dari warga Nahdliyin serta kurban dari Gubernur Sumatera Utara Bapak H. Edy Rahmayadi beserta Keluarga Besar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, H. Musa Rajeckshah (Wakil Gubernur Sumut) dan Keluarga Besar DPD Golkar Sumut, Keluarga Besar DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, Irjen Pol. Panca Putra beserta Keluarga Besar Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Riko Sunarko dan keluarga besar Polrestabes Kota Medan, Drs. H Syahrul Wirda, MM beserta keluarga besar Kanwil Kemenag Sumatera Utara, keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, masing-masing satu ekor lembu, ditambah dengan perorangan dari para warga Nahdliyin Sumatera Utara lainnya.

Kegiatan penyembelihan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Selasa 20 Juli 2021 dipotong 4 ekor lembu dan 2 ekor kambing , dan pada hari Rabu 21 Juli 2021 disembelih 11 ekor lembu dan 2 ekor kambing yang dibagi ke dalam 1600 paket, bertempat di halaman Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) Jl. Brigjen HA Manaf Lubis/Gaperta Ujung No. 2 Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat sesuai dengan surat edaran Walikota Medan dan Surat Edaran PBNU tentang pelaksanaan pemotongan hewan kurban dalam masa PPKM Darurat di Kota Medan.

Misran Sihaloho didampingi panitia lainnya seperti Muas Daulay, S.Pd, M. Pd, Drs. H. Khairudin Hutasuhut, Ahmad Efendi Lubis, Irham Jamian Hasibuan, dan Ibu Fauzi Hanim berterima kasih kepada para pengurban yang telah mempercayakan dan memberi amanah kepada panitia melalui PWNU Sumatera Utara untuk melaksanakan ibadah kurbannya pada tahun ini.

“Kami sampaikan terimakasih khususnya kepada Gubernur Sumatera Utara Bapak H. Edy Rahmayadi beserta Keluarga Besar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bapak H. Musa Rajeckshah (Wakil Gubernur Sumut) dan Keluarga Besar DPD Golkar Sumut, Keluarga Besar DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, Bapak Irjen Pol. Panca Putra beserta Keluarga Besar Polda Sumatera Utara, Bapak Kombes Pol. Riko Sunarko dan keluarga Besar Polrestabes Kota Medan, Drs. H Syahrul Wirda, MM beserta Keluarga Besar Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Keluarga Besar Universitas Islam Negeri Sumut, dan perorangan dari para warga Nadhliyin Sumatera Utara lainnya,” kata Misran.

Pelaksanaan kurban bukan hanya dilaksanakan oleh PWNU Sumut, tetapi juga dilmoleh Badan Otonom maupun lembaga Nahdlatul Ulama di tingkat Provinsi dan PCNU di berbagai daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan Warga Nahdliyin lainnya. Ini akan menjadi sebuah kesalehan sosial di tengah wabah covid-19 dan pelaksanaan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang sedikit banyak membatasi pergerakan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, H. Syahrial Tambunan, MBA selaku Ketua Tanfidziyah PWNU Sumut menyampaikan bahwa pelaksanaan kurban tahun ini diharapkan agar warga Nahdliyin semakin meningkat ketakwaannya kepada Allah SWT.

Karena pengorbanan yang sesungguhnya, kata Syahrial, justru sangat tinggi nilainya dilakukan di masa-masa sulit seperti yang dihadapi saat ini yaitu adanya hantaman pandemi COVID-19 yang membatasi gerak dan langkah masyarakat dalam beraktivitas, apalagi daging kurban yang disebarkan dan dibagikan ini diprioritaskan kepada Kaum dhuafa, fuqoro dan masakin yang tersebar di Kota Medan dan Deli Serdang.

“Semoga ibadah kurban tahun ini diterima Allah SWT serta mengijabah doa seluruh pengurban dan penerima untuk segera mengangkat virus Corona dari muka bumi,” kata Syahrial Tambunan

Dia mengharapkan seluruh warga masyarakat mendukung penuh usaha pemerintah dalam menjaga seluruh warga Negara terhindar dari COVID 19 dengan mendukung pelaksanaan PPKM Darurat.

“Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka tetap menjalankan firman Allah,’’Maka kerjakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (QS. Al-Kautsar: 2). Meskipun ekonomi sedang sulit di wabah pandemi Covid-19 ini, akan tetapi momen ini bisa kita jadikan untuk saling berbagi, membantu serta peduli dan saling membahagiakan,” kata Syahrial. (Nas/Rel)

Print Friendly