Pengurus APRI Sumut Periode 2020-2024 Dikukuhkan

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM mengukuhkan pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Provinsi Sumatera Utara Periode 2020-2024 di Raz Hotel Medan, Kamis (8/7).

Kakanwil Kemenagsu mengatakan peran penghulu di tengah masyarakat sangat besar khususnya dalam menciptakan keluarga  sakinah, mawaddah, warohmah.

“Kerja Penghulu sangat besar bagi masyarakat. Lahirnya generasi emas kedepan tidak terlepas dari buah pernikahan yang sakinah, mawaddah, warohmah. Dan itu merupakan tugas penghulu bagaimana membentuknya, menjadi baik atau buruk,” Kata Kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu berharap dengan adanya asosiasi para penghulu di Sumatera Utara dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Kakanwil Kemenagsu tidak ingin mendengar lagi adanya pungli ataupun ulah oknum yang melanggar peraturan dalam pengurusan pernikahan.

“Asosiasi Penghulu ini dapat menjadi wadah untuk saling mengingatkan dan belajar dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat.
Asosiasi hendaknya menjadi kontrol yang baik. APRI juga sebagai wadah penghimpun aspirasi masyarakat,” harap Kakanwil.

Acara pengukuhan APRI dilakukan disela kegiatan capacity building bagi penghulu tingkat Provinsi  Sumatera Utara yang digelar oleh Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenagsu.
Kepala seksi kepenghuluan dan pasilitasi bina keluarga sakinah Kanwil Kemenagsu H. Arifin, S.Ag mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kualitas para penghulu khususnya para pengurus APRI.  

Dalam pengukuhan pengurus APRI tersebut, Dr. Kamaluddin ditetapkan sebagai Ketua  dan Solahuddin Siregar MA sebagai Sekretaris.
Hadir dalam pengukuhan itu, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenagsu Dr. H. Syafi’i, MA, dan Kasubbag Umum dan Humas Drs. H. Muhammad Yunus, MA. (sor)

Print Friendly