UISU Halal bi Halal Virtual, Rektor: Implementasikan Renstra Menuju Akreditasi Unggul

KANALMEDAN – Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengingatkan kepada seluruh pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi untuk bersama-sama mewujudkan Rencana Strategis UISU 2019-2023, salah satunya untuk meraih predikat akreditasi unggul.

Hal itu disampaikan Rektor saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan Halal bi Halal yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (28/5).

Halal bi halal yang diikuti seluruh keluarga besar UISU secara virtual itu dipusatkan pelaksanaan di Ruangan Serbaguna Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan. Hadir langsung dalam kegiatan itu, Rektor UISU beserta Wakil-wakil Rektor, Ketua Umum pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg, Ph.D, Sp.Pros(K), FICD dan Ketua Pengawas Yayasan UISU, Sofyan SH. Sementara itu, Ketua dan unsur Pembina Yayasan UISU serta pimpinan Fakultas, Program studi, Dosen dan Pegawai mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi zoom.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU atas nama pimpinan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri dan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh keluarga besar UISU.

“Semoga dengan kegiatan ini, silaturahmi kita tetap terjadi, semakin kuat dan meningkatkan kebersamaan kita dalam rangka menjalankan peran kita dalam pengelolaan Pendidikan tinggi di UISU. Terlebih lagi dalam situasi pandemi seperti ini,” ujarnya.

Dikatakan Rektor bahwa tema pelaksanaan Halal bi Halal ini ‘Kuatkan silaturahmi, bangun kebersamaan, tingkatkan sinergi menuju pendidikan 4.0 di tengah pandemi sangat tepat. Menurut Rektor, pencapaian terhadap Renstra UISU untuk mencapai akreditasi unggul akan dapat dicapai dengan menguatkan silaturahmi, kebersamaan untuk menghasilkan persamaan persepsi dan tindakan mulai dari unsur Yayasan, Universitas, Fakultas hingga ke level program studi untuk sama-sama menjalankan peran masing-masing menuju Pendidikan 4.0.  

Apalagi, katanya, saat ini UISU dihadapkan pada implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Kita akan terus berupaya menjalankannya (MBKM) dengan menerbitkan berbagai kebijakan dan peraturan sebagai pedoman pelaksanaan MBKM di lingkungan UISU,” tegasnya. Salahsatunya melaksanakan melaksanakan revitalisasi terhadap kurikulum untuk mendukung kebijakan MBKM.

UISU Halal bi Halal Virtual

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg dalam sambutannya menguraikan bahwa tema pelaksanaan halal bi halal kali ini mengandung 3 hal. Ketiga hal itu yakni; menguatkan silaturahmi; membangun kebersamaan dan; meningkatkan sinergi. Prof. Ismet Danial Nasution, drg menegaskan bahwa kebersamaan sebagai suatu keluarga besar sangat penting.

“Dengan kebersamaan kita akan menjadi tim yang Tangguh dan tidak akan goyah dengan kondisi apapun,”ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU itu yakin bahwa UISU akan tetap tegar dan tetap jaya dalam mengemban amanah untuk mencapai visi dan misi UISU.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MUI Medan Dr. H. Hasan Matsum, M.Ag dalam tausiyahnya secara detail membahas tentang silaturahmi, kebersamaan dan sinergi yang menjadi tema pelaksanaan halal bi halal.

Menurut Dr. H. Hasan Matsum, M.Ag, silaturahmi harus dibangun berdasarkan rahmat Allah untuk sama-sama menerima kelebihan dan kekurangan orang-orang yang bersilaturahmi. Dikatakannya, hubungan silaturahmi yang dibangun karena atas rahmat Allah akan berlangsung kekal. Sebaliknya jika dibangun atas dasar materi atau kepentingan maka tidak akan berlangsung lama.

Sedangkan sinergi, katanya, akan melahirkan kebersamaan. Namun yang terpenting, menurutnya, sinergi dan kebersamaan harus dijalankan dengan prinsip kesetaraan terhadap semua sistem dan sub sistem yang ada di didalamnya.

“Tidak ada yang boleh merasa lebih. Seperti halnya kelima ibu jari kita ini, walaupun berbeda bentuk dan ukuran tetapi kedudukannya sama dan setara,”katanya memberi perumpamaan. (Nas)



Print Friendly