Calon Mahasiswa Kedokteran UISU Antusias Ikuti Ujian CBT

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melihat langsung pelaksanaan ujian CBT calon mahasiswa Fakultas Kedokteran di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan, Minggu (2/5).

KANALMEDAN-  43 calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) antusias mengikuti pelaksanaan ujian Computer Base Test (CBT) yang dilaksanakan di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan, Minggu (2/5). Hal itu terlihat dari disiplin calon mahasiswa Kedokteran UISU untuk hadir di Kampus UISU sebelum kegiatan ujian dimulai.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UISU TA 2021/2022, Ir. Luthfi Parinduri, MM kepada wartawan mengatakan pelaksanaan Ujian CBT baru kali ini dilaksanakan untuk pendaftaran mahasiswa baru TA 2021/2022.

“Alhamdulillah, kita lihat para calon mahasiswa  terlihat anusias dan memiliki animo yang luar biasa mengikuti ujian, baik yang offline maupun online. Padahal, situasi pelaksanaan ujian ini bertepatan dengan pelaksanaan  ibadah puasa Ramadhan 1442 H dan pandemi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Ir. Luthfi Parinduri, MM menjelaskan, kehadiran Rektor dan Wakil-wakil Rektor dalam pelaksanaan ujian kali ini menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh peserta. Meski pelaksanannya di hari libur, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP langsung hadir untuk memantau pelaksanaan ujian. Selain itu, hadir juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr. Liesna Andriany, MPd, Wakil Rektor  Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zufrizal SE, Ak.CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kewirausahaan Ir. Ahmad Bakhori, MT serta Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA,  Dekan Fakultas Kedokteran UISU dr. Indra Janis, MKT.

Masih menurut Ir. Luthfi Parinduri, MM, peserta ujian CBT calon mahasiswa Fakultas Kedokteran kali ini berasal dari berbagai provinsi dan daerah. “Mulai dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Deli Serdang,  Medan hingga Provinsi  Aceh mengikuti pelaksanaan ujian CBT,” tandasnya.

Dr. Alamsyah Lukito M.Kes tengah melakukan pemeriksaan kesehatan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan, Minggu (2/5).

Artinya, kata Luthfi, secara institusi UISU telah mendapat kepercayaan masyarakat dalam hal pengelolaan P
Pendidikan tinggi. “Kita ucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anaknya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UISU,” jelas Luthfi Parinduri yang juga dosen Fakultas Teknik UISU.

Dikatakan Luthfi  bahwa khusus untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran pihaknya memang melakukan beberapa tahap seleksi. “Mulai dari ujian tertulis, pemeriksaan kesehatan, wawancara hingga psikotest namun semuanya tetap mematuhi prokes seperti yang diatur pemerintah,” tegasnya.

Jadi, kata Luthfi, seluruh calon mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU akan mengikuti seluruh seleksi yang sudah ditentukan. Hal itu dilakukan dalam rangka memastikan kualitas input mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran UISU.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PMB UISU TA 2021/2022 itu mengatakan ketentukan seleksi seperti itu hanya berlaku untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran. “Untuk fakultas lainnya, kita hanya mewajibkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian CBT yang dapat dilaksanakan secara online maupun offline. Ujian CBT itu diperlukan untuk mengetahui kemampuan atau potensi akademik calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di UISU,” tambahnya.

Pihaknya menambahkan bahwa setiap calon mahasiswa UISU dapat melakukan pendaftaran secara online melalui web www.pmb.uisu.ac.id atau datang langsung ke bagian pendaftaran di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan. Sementara itu, pelaksanaan ujian CBT Fakultas Kedokteran untuk gelombang  selanjutnya  akan dilaksanakan 13 Juni 2021 mendatang. (Nas)


Print Friendly