Bupati Zahir Pesan 1.500 Buku “Kebijakan dan Perencanaan Sosial” Karya Yusri dan Syaiful Syafri

Bupati Batubara Ir Zahir MAP dan Rektor UMSU Dr Agussani MAP saat menghadiri launching dan bedah buku “Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia” di Hotel Madani Medan.

KANALMEDAN – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyatakan bahwa kemiskinan akan terus berkembang jika pemerintah dan masyarakat hanya memberi bantuan sembako kepada masyarakat miskin dan penyandang masalah sosial lainnya. Karena bantuan sembako hanya bersifat sementara.

“Tetapi kemiskinan dan penyandang masalah sosial lainnya akan cepat diatasi bila pemerintah bersama ilmuan dan masyarakat bekerja sama menanganinya. Polanya adalah pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi diri dan daerahnya,” kata Zahir saat menyampaikan sambutan pada launching dan bedah buku
“Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia” karya Dr Mohd Yusri MSI, akademisi UMSU, Drs Syaiful Syafri MM, mantan Birokrat Kementerian Sosial RI dan Pemerintah Provinsi Sumut, di Hotel Madani Medan, Rabu (24/3/2021).

Bupati Zahir mengatakan, penangan masalah sosial di daerah tak bisa disamaratakan. Pasalnya, kemiskinan kemiskinan satu daerah nuga sangat berbeda dengan daerah lainnya, seperti mata pencaharian, kultur, dan sumber daya penyandang masalah sosial itu sendiri.

“Oleh sebab itu, buku ‘Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia’ karya ilmuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Mohd Yusri MSi dan seorang mantan Birokrat Kementerian Sosial RI dan Pemerintah Provinsi Sumut Drs Syaiful Syafri MM, saya beli sebanyak 1.500 eksemplar. Bulu ini akan saya jadikan pegangan aparatur pemerintah daerah, para kepala kelurahan dan kepala desa se-Kabupaten Batu Bara dalam menyusun kebijakan sosial,” Zahir.

Di depan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan.Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dr Ibnu Hajar MSi, Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Guru Besar Unimed Prof Dr Efendi Napitupulu, dosen FK.UISU Dr dr Umar Zain SpPD, dan akademisi USU Dr Ir Indra Nasution, Zahir menyatakan, dari sisi administrasi pemerintahan kebijakan seorang pemimpin baik pemerintahan pusat, provinsi, maupun pemimpin tingkat kabupaten/kota, merupakan sebuah peroduk hukum.

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan ini berharap, 1.500 eksemplar buku yang dia beli ini menjadi bahan bacaan para SKPD, camat, lurah, dan kepala desa se-Kabupaten Batubara dalam membuat kebijakan sosial.

Acara bedah buku yang dimoderatori Dr Rizka Harfiani MPsi ini menampilkan dua pembedah, yakni Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto MSI dan Dosen Sekolah Pascasarjana USU Parapat Gultom, Ph.D M.Eng.

Hadir dalam acara ini Kepala UMSU Press Muhammad Arifin SPd MPd,, kalangan akademisi, Pendamping PKH Mukhrizal Arif SPdI, MPd, wartawan media cetak dan online.

Acara ini juga diikuti ratusan peserta melalui Zoom Meeting, di antaranya dati kalangan birokrasi di Sulawesi Selatan, Jakarta, Bandung , Medan, dan kabupaten lainnya serta sejumlah Sarjana Pendamping Sosial PKH dan mahasiswa.

Acara Launching buku diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Kepala UMSU Pres, serta penjelasan kedua penulis. Lalu dilanjutkan bedah buku oleh Parapat Gultom P.hD, M.Eng dan Dr Rudianto MSi serta kata sambutan dari Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar dan Rektor UMSU DR Agussani MAP. (Nas)

Print Friendly