Kepala Madrasah Harus Kuasai 5 Kompetensi


KANALMEDAN – Kepala madrasah berperan penting sebagai pemimpin dalam manajemen sekolah, termasuk mengatur guru dan siswa. Untuk itu, kepala madrasah harus memiliki kompetensi memadai untuk menggerakkan dan mengembangkan semua potensi yang ada di madrasah.

Demikian disampsikan Kakanwil Kemenagsu Drs H Syahrul Wirda MM pada acara rakoor kepala MIN di aula Kanwil Kemenagsu, Kamis( 17/2).

Menurut Kakanwil, kepala madrasah harus menguasai 5 kompetensi yaitu kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan Sosial.

Jika lima hal tersebut sudah dijalankan,kata Syahrul,  maka madrasah akan semakin dicintai masyarakat.

Kakanwil Kemenagsu juga menyampaikan kepada seluruh kepala madrasah untuk menguasai dan memahami situasi, membangun jejaring kerja yang luas, dan dapat berkolaborasi dan bersinergi baik kepada lembaga terkait maupun kepada masyarakat.

Kakanwil Kemenagsu juga berharap agar kepala madrasah memiliki indikator keberhasilan siswa saat akan mengakhiri jenjangnya seperti menghafal Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan kepala madrasah, harus dapat bermanfaat di sekitar tempat ia memimpin madrasah.

Kepala Madrasah harus bisa menjadi imam, menjadi khatib, menjadi penceramah, dan lain sebagainya. Sehingga bisa membanggakan madrasah di mata masyarakat.

Pada Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenagsu H. Erwin Pinayungan Dasopang, SE, M.Si, dan seluruh Kasi Bidang Pendidikan Madrasah, kakanwil berpesan  agar dapat menjalankan manajemen yang baik, efektif, dan akuntabel sampai ke kepala madrasah dan guru. Dengan begitu, masalah akan mudah dianalisis, dicari jalan keluarnya. Inovasi akan terus menerus muncul, kemudian eksekusi sesuai tupoksi masing-masing, katanya. (sor)

Print Friendly