Bupati Zahir: Penyelamatan Nyawa Lebih Penting di Tengah Pandemi Covid-19 dan Bencana


KANALMEDAN – Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, MAP menegaskan, penyelamatan nyawa lebih sangat penting di tengah pandemi Covid-19 dan bencana alam. Maka, jika ada gangguan-gangguan harus ditangani dengan tegas dan cepat.

“Realita di lapangan memang kita sering menghadapi adanya gangguan-gangguan di lapangan. Tetapi dengan berkoordinasi dengan unsur Forkopimda maka semua itu bisa diatasi. Saya siap menjadi garda terdepan jika ada yang mengganggu. Apalagi itu berurusan dengan nyawa masyarakata saya di Batu Bara,” kata Zahir pada launching Perpustakaan Digital (e-Pusda) Batubara dan launching buku “Jurus Zahir Hadapai Virus Covid-19” di Hotel Madani Medan, Jumat (29/1) sore.

Zahir mengaku, penanganan Covid-19 di Batu Bara dilakukan dengan arah dan kebijakan yang jeas, teliti dan tentunya kebijakan yang dikeluarkan tidak menghukum atau mengintimidasi anggota masyarakat. Semua dilaksanakan, katanya sebagai bentuk implementasi kebijakan yang tepat, penanganan Covid-19 bisa teratasi.

Diakuinya, aparat melakukan tindakan, razia atau sejenisnya untuk memberikan pembelajaran, dan sedikit efek jera.

“Tanpa kebijakan yang tepat, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan eknomi karena persoalan Covid-19 menjadi perhatian dunia, dan menjadi masalah besar di Indonesia dan membuat dampak sosial. Untung saja, Pemprovsu juga bertindak cepat dan tepat, salah satunya memberikan bantuan sebanyak 60.000 paket dan ini sangat membantu masyarakat Batu Bara,” katanya.

Zahir sanga mengapresiasi acara launching buku “Jurus Zahir Hadapi Virus Covid-19” yang ditulis Drs Syaiful Syafri, MM. “Buku ini ditulis oleh penulis yang andal dan lincah. Apa yang ditulis sesuai dengan fakta dan realita di masyarakat. Semua ditulis dengan detail dan apik,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Terkait launching e-pusda Batu Bara, Zahir menilai ada kemajuan yang luar biasa dilakukan Dinas Perpustakaan Batu Bara. Perpustakaan dalam genggaman menjadi sebuah revolusi kebiasaan teknologi, dari yang manual ke digital.

Penulis bulu Drs Syaiful Syafri, MM mengatakan, buku ini terinspirasi dari perhatian seorang bupati yang didukung Forkopimda dan masyarakat agar terlindung dari Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang melanda dunia, dan di Indonesia berkembang sejak awal Maret 2020. Buku ini berisi tentang kebijakan Bupati Batu Bara dimana virus Covid -19 mampu diatasi di Kabupaten Batu Bara karena merupakan kebijakan dan perencanaan sosial yang matang.
Hal ini dapat terlihat dari upaya yang dilakukan seperti rapat koordinasi gugus tugas penanganan Covid -19 antara Forkompimda dan Pimpinan OPD Kabupaten Batu Bara. Upaya lain, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH yang menurunkan Mobil Water Canon dalam penyemprotan disinfektan untuk tidak berkembangan Covid-19.

“Buku ini juga menceritakan kebijakan bupati pentingnya sarana kesehatan, karena sebagai daerah proyek strategis nasional dan banyaknya masyarakat Batu Bara yang bekerja di negara sehingga mendapat kunjungan Guberjur Sumut Edy Rahmayadi,” katanya.

Ketua DPRD Batu Bara, M Syafii, SH dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilakukan Bupati dalam menangani Covid-19 sangat pantas dan patut dituangkan dalam sebuah catatan, faktanya dirasakan bersama.

DPRD Batu Bara, katanya, bagian dari peristiwa itu dan sangat meraskan bagaimana kerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang dinakhodahi Zahir dalam mengantisipasi penularan Covid-19 dan penanganan dari terkonfirmasi Covid-19 serta pelaksnaaan pemberian bantuan kepada yang terdampak oleh Covid-19.

Tentu hal ini bisa terjadi dan berjalan dengan baik berkat kerja sama antara Pemkab Batu Bara dan instansi baik DPRD, Forkopimda dan instansi perusahaan negara maupun perusahaan swasta yang ada, dan elemen masyarakat yang ada di Batu Bara.

“Yang menarik, apa yang dilakukan bupati, tanpa harus menghilangkan Tambahan Pendampatan Penghasilan (TPP) ASN di Batu Bara.” ucap politikus PDI Perjuangan ini.
.
Turut memberikan sambutan, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara, Riyadi, SPd, MPd, editor buku Parapat Gultom, PhD.

Acara launching e-pusda Batu Bara dan peluncuran buku dirangkaian dengan perayaan ulang tahun ke-52 Bupati Batu Bara Zahir ke 52 tahun.

Acara yang dihadiri Ketua MABMI Dt H Syamsul Arifin dan Ketua TP PKK Batu Bara Ny Maya Indrasari Zahir itu berlangsung dengan prokol kesehatan yang ketat. (Nas)

Print Friendly