Warga Dua Desa di Taput dan Tapsel Nyaris Bentrok


KANALMEDAN – Warga Dua desa di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Tapanuli Utara  nyaris bentrok karena  akses jalan menuju Desa Dolok Saut, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara  diblokir beberapa warga Desa Padangmandailing Garugur, Kecamatan SD Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pemblokiran dilakukan warga dengan menumbang kayu besar dan menggali  badan jalan. Informasi diperoleh dari tokoh masyarakat kedua desa,  Minggu ( 13/12), melalui WA,  terjadinya pemblokiran akses jalan umum menuju desa Dolok Saut oleh warga Desa Padangmandailing Garugur dipicu  pembangunan gapura sebagai tanda batas wilayah Taput dengan Tapsel di posisi jembatan  Aek Batubolon yang diklaim  pihak desa Dolok Saut sebagai titik  tapal batas Tapanuli Utara dengan Tapanuli Selatan.

Mendengar  ada pembangunan gapura sebagai tanda tapal batas wilayah,  warga desa  Padang Mandailing Garugur tidak terima dijadikan jembatan Aek Batubolon sebagai titik batas wilayah,  karena sepengetahuan mereka dan cerita orangtua dulu bahwa tapal batas wilayah  Tapanuli Utara dengan Tapanuli Selatan  bukan di jembatan Aek Batubolon  sebagaimana diklaim warga Desa Dolok Saut.

Akibat pemblokiran jalan tersebut, transportasi dari dan menuju desa Dolok Saut  terganggu. Jarak antara desa Padangmandailing Garugur, Tapsel dengan Desa Dolok Saut, Taput sekitar 10 sampai 12 KM.

Perseteruan warga dua desa tersebut sudah ditangani pemerintahan  kedua belah pihak yaitu Muspika Kecamatan  Saipardolok Hole Tapsel dan Muspika Kecamatan Simangumban Taput.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Desa Padangmandailing Garugur,  Tapsel, Sabtu (12/12)  disepakati bahwa pembangunan gapura yang sedang proses pembangunan dihentikan menunggu ada kepastian titik kordinat tapal batas wilayah kedua kabupaten tersebut yaitu  Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Menurut salah seorang perantau asal desa Dolok Saut, Drs Parlindungan Sormin, Desa Dolok Saut adalah salah satu desa terpencil di Kecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara. Akses jalan menuju Desa Dolok Saut  harus melalui Kecamatan  Sipirok, kemudian  menuju Kecamatan Saipar Dolok Hole Tapanuli Selatan.

Salah satu desa yang harus dilewati menuju desa Dolok Saut adalah Desa  Padangmandailing Garugur Tapanuli Selatan.

“Dari ibu kota Kecamatan Simangumban memang ada akses  jalan ke desa Dolok Saut, tetapi harus jalan kaki selama 4 sampai 5 jam,” katanya, seraya berharap agar warga kedua desa yang berselisih paham kembali bersatu karena semua warga kedua desa masih ada keterkaitan famili. (sor)

Print Friendly