LLDikti Apresiasi Program Ekowisata Pertanian UISU


LABU MADU – Kepala LLdikti Wilayah 1 Sumut, Prof Dr Ibnu Hajar MSi bersama Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP tengah memperliatkan labu madu salah satu produk ekowisata Fakultas Pertanian UISU Sabtu (14/11)

KANALMEDAN – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut, Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengapresiasi program ekowisata Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang ditampilkan pada saat peringatan Milad ke-56 Fakultas Pertanian UISU, di Kampus Fakultas Pertanian UISU Jalan Karya Wisata Johor Medan, Sabtu (14/11).

Prof. Dr. Ibnu Hajar didampingi Rektor UISU, Dr. H, Yanhar Jamaluddin, MAP, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP melihat langsung lokasi ekowisata yang ada di areal kampus.

Berbagai macam produk budidaya pertanian dapat dilihat di lokasi ekowisata. Mulai dari labu madu, timun, sawi, cabe merah, padi, hingga peternakan ikan nila dikembangkan Fakultas Pertanian UISU untuk menyukseskan program ekowisata.

Kepala LLDIkti Prof Dr Ibnu Hajar MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa program yang dilakukan Fakulas Pertanian UISU sesuai dengan konsep pendidikan yang melibatkan tri mitra. “Saya di sini sebagai perwakilan pemerintah, kampus dan alumni yang merupakan bagian dari masyarakat,” katanya.

Turut memberikan kata sambutan dalam kegiatan itu, Dekan Fakultas Pertanian UISU, Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP, Prof. Dr. Ir. Mhd. Assad, MSi mewakili Pengurus Yayasan UISU, mewakili dosen Prof Dr Ir Basyaruddin MS, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP.

Hadir juga dalam kegiatan Milad itu alumni Fakultas Pertanian UISU di antaranya Ir. Indra Gunawan, MP yang juga Sekretarus Umum Pengurus Yayasan UISU, Direktur Utama PT. PSU Ir. Gazali Arief Marpaung, Pimpinan PT. Daun Agro Nusantara Hadi Nainggolan serta seluruh pimpinan Fakultas Pertanian UISU, dosen dan pegawai serta mahasiswa Fakultas Pertanian UISU.

Sementara itu, Rektor UISU, Dr. H, Yanhar Jamaluddin, MAP mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti eksistensi Fakultas Pertanian UISU yang mempu menampilkan budidaya pertanian sekaligus memperlihatkan produk dan kreativitas mahasiswa serta memperkenalkan program ekowisata.

Konsep ini, kata Rektor UISU dapat menjadi sarana edukasi untuk masyarakat serta sarana pembelajaran kepada mahasiswa sekaligus promosi institusi kepada masyarakat. “Ini juga membuktikan bahwa mahasiswa Fakultas Pertanian UISU ternyata mampu menunjukkan kreatifitasnya,”katanya.

URBAN FARMING – Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP tengah menjelaskan konsep urban farming tanaman padi yang dipadukan dengan kolam nila di lokasi ekowisata Fakultas Pertanian UISU Sabtu (14/11)

Kepada Fakultas Pertanian UISU, Rektor berharap agar konsep ekowisata dapat lebih disempurnakan lagi agar menjadi media penghubung UISU dengan masyarakat. “Harus ditentukan jadwalnya, kapan penanaman, kapan panen sehingga masyarakat mengetahui jadwal yang pasti kapan berkunjung dan memetik sendiri hasil bidaya pertanian yang ada di lokasi ekowisata Pertanian UISU,” katanya.

Selain itu, pihaknya berharap, Fakultas Pertanian UISU dapat memperkuat kerjasama dengan stakeholder khususnya PT. Perkebunan Sumatera Utara. “Ini penting dalam mewujudkan konsep kampus merdeka dan merdeka belajar di Fakultas Pertanian UISU. Kita ingin menerapkan formasi 1,2,4 yakni 1 semester di kelas, 2 semester di lapangan atau laboratorium dan 4 semester di luar. Sehingga alumni Fakultas Pertanian akan menjadi SDM yang siap pakai,” tegasnya.

Sementara itu, Dekan FP UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP mengatakan bahwa program ekowisata ini akan menjadi salah satu unit bisnis fakultas pertanian UISU. “Kami membuka ekowisata dengan berbagai macam produk seperti sayuran, ikan dan produk urban farming,” katanya.

Sekarang ini, jelasnya, program ekowisata memang hanya untuk masyarakat sekitar. Namun, ke depan pihaknya akan menyusun jadwal dan menyesuaikan masa panen serta mempromosikan keberadaan ekowisata Fakultas Pertanian ke masyarakat luas.

Pihaknya berharap, peringatan Milad ke-56 Fakulas Pertanian UISU ini menjadi moment bersejarah untuk menunjukkan eksistensi Fakultas Pertanian UISU di tengah-tengah masyarakat.

“Insya Allah, kehadiran dan keikutsertaan alumni, mahasiswa dan stakeholder hari ini akan mengembalikan kejayaan Fakultas Pertanian UISU,” tegasnya. (Nas)


.

Print Friendly