Tangani Covid 19, Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Zahir Melepas Mobil PCR ke Batu Bara


KANALMEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dan Sekda Sakti Alam Siregar secara resmi melepas mobil PCR untuk mempercepat penanganam Covid-19 di Kabupaten Batu Bara, Rabu (23/9) dari halaman rumah dinas gunernur Jl. Sudirman Medan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengharapkan mobil PCR menjadi sarana untuk mengatasi masalah pandemi Covid-19 sehingga masyarakat tetap sehat dan kasus Covid-19 segera berakhir.

“Oleh sebab itu saya mengapresiasi Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP yang sudah berniat baik dan berkarya terus untuk masyarakat yang kita cintai ini. Namun penyediaan mobil PCR itu adalah keputusan Kabupaten/Kota masing-masing. Mobil PCR ini pastinya akan digunakan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” kata Edy.

Gubsu Edy Rahmayadi juga menyampaikan dalam waktu dekat ada tiga alat PCR yang akan datang untuk melakukan penyekatan-penyekatan perluasan penyebaran virus. Contohnya di Kota Medan ada 22 Kecamatan di antaranya 5 Kecamatan ada menyumbang 3600 yang terpapar Covid-19. “Ini yang akan kita tangani dengan mobil PCR,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP menjelaskan, beberapa waktu lalu Gubenur Sumut berkunjung ke RSUD Batu Bara, saat itu kondisi rumah sakit sangat memprihatinkan. “Tetapi atas dukungan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sekarang kita sudah memiliki ruang isolasi masyarakat yang terpapar hingga dengan ruang isolasi dan masyarakat sembuh kasus Covid-19 dapat diatasi,” kata Zahit

Politikus PDIP ini berharap RSUD Batu Bara bisa ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid 19 di Sumatera Utara.

“Kita berharap dengan adanya mobil PCR kita bergotong royong bersama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Batu Bara. Kerena di Kabupaten Batu Bara adalah daerah yang sangat dekat dengan negara tetangga Malaysia, sehingga TKI yang ilegal maupun legal banyak yang kita tidak ketahui,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan mobil PCR ini bertujuan untuk mengetahui lebih cepat penanganan Covid-19,dan menghindari gejolak sosial di masyarakat.

“Selamama ini kami alami ada beberapa masyarakat Batu Bara yang belum mengetahui hasil swab, ternyata sudah meninggal,” tutur nya.

Pada akhir sambutan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP didampingi Sekda Sakti Alam Siregar SH, Kadis Infokom, Kadis Kesehatan dr Wahid Khusairi, Kadishub Jonnis, Kadis Tarukim Norma dan Kaban BPBD Anwardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Kadis Kesehatan Sumut Dr. Alwi (Nas)

Print Friendly