6.903 Mahasiswa Baru Unimed Ikuti PAMB 2020


KANALMEDAN – Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) Tahun 2020 secara live streaming Youtube Unimed Official di laman https://www.unimed.ac.id/live-streaming-pamb-2020 selama dua hari 4-5 September 2020. PAMB diikuti 6.903 mahasiswa baru.

PAMB ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai aktivitas akademik awal bagi mahasiswa baru. Kegiatan dibuka Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes.

Hadir dalam acara pembukaan Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketuan Lembaga, Wakil Dekan, Wakil Direktur dan Kepala Biro se-lingkungan Unimed.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru Unimed Tahun Akademik 2020/2021 yang lulus melalui seleksi ketat dari tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

“Di awal masa studi ini, hal penting yang harus saudara perbuat adalah mengubah maindset diri bahwa saudara saat ini bukan lagi siswa, tetapi sudah melangkah menjadi mahasiswa. Saudara semua adalah harapan masa depan bangsa dan harapan keluarga saudara agar melalui Unimed kampus The Character Building University, saudara menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang mampu membawa perubahan menuju Indonesia maju,” harap rektor.

Dijelaskannya, Unimed merupakan kampus pertama di Sumut meraih akreditasi A di tahun 2016, disusul USU tahun 2018 dan UMSU tahun 2019. Pada Agustus 2020 ini, Unimed menjadi perguruan tinggi peringkat 39 dari 2136 kampus yang ada di Indonesia.

“Ribuan mahasiswa Unimed telah berhasil mengukir prestasi tingkat internasional, nasional dan regional. Pada tahun 2019, Unimed meraih prestasi membanggakan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Udayana Bali, karena masuk peringkat 15 besar dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Bahkan di tahun 2017, Unimed pernah masuk peringkat 10 besar PIMNAS di IPB Bogor,” ungkap Syamsul.

Rektor berharap kepada mahasiswa baru Unimed agar mempersipakan diri secara serius dan matang. “Semoga melalui saudara semua, prestasi mahasiswa Unimed akan semakin meningkat. Unimed siap mengantarkan saudara menuju gerbang prestasi dunia,” harap rektor.

Sementara iru, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam orasi singkat tentang “pembelajaran di perguruan tinggi”, menyampaikan 4 hal penting kepada mahasiswa baru agar sukses studi dalam menggapai masa depan. Yakni, pertama way of thinking (mengubah cara berpikir).

“Mahasiswa baru harus bisa merubah maindset, dari cara beripikir sebagai siswa menjadi cara berpikir seorang mahasiswa, yakni yang high order thinking skills, critical thinking, communication Skill, creativity and Inovation,” kata mantan Rektor Unimed ini.

Berikutnya way of working, bagaimana berkolaborasi, bekerjasama dan komunikasi. Ketiga, the tools of working yang berkaitan dengan literasi dan wawasan kebangsaan, keberagaman. Dan keempat, living in the world, yaitu berkaitan dengan kesejahteraan, kepedulian, beradaptasi dengan lingkungan dan bagaimana mengembangkan karakter.

Dalam kegiatan PAMB secara daring hari pertama ini diisi berbagai kegiatan, di antaranya memperkenalkan pimpinan Unimed, menayangkan pidato singkat Mendikbud, testimoni 2 orang mahasiswa baru, orasi singkat dan pengenalan tupoksi Wakil Rektor, sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara, radikalisme dan pelecehan seksual dari tim Poldasu.

Selanjutnya sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika dari BNN Sumut, dan pengenalan Senat Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Unimed

Dalam laporannya, Ketua Panitia PAMB Drs. Rahman Situmeang, M.Pd. mengatakan, total peminat Unimed 3 jalur Tahun 2020 pada jalur SNMPTN sebanyak 17.285 orang, jalur SBMPTN sebanyak 25.272 orang dan jalur seleksi Mandiri sebanyak 3.255 orang. Sehingga total peminat Unimed sebanyak 45.812 orang.

Adapun mahasiswa baru Unimed Tahun 2020 yang diterima SNMPTN sebanyak 1.275 orang, SBMPTN sebanyak 3.327 orang dan jalur seleksi Mandiri sebanyak 2.301 orang, sehingga total mahasiswa baru tahun 2020 sebanyak 6.903 orang. (Nas)

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom saat membuka PAMB Unimed.


Print Friendly