812 Lulusan Unimed Diwisuda Secara Daring, Rektor: Perkuat Kemahiran Bidang IT


KANALMEDAN – Sebanyak 812 lulusan Universitas Negeri Medan (Unimed) program ahli madya, sarjana dan pascasarjana diwisuda secara daring, Rabu (12/8/2020).

Proses wisuda dipimpin langsung Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes di Ruang Biro Rektor Unimed, Jalan Willem Iskandar, Medan.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan wisuda daring dilaksanakan karena kondisi dan situasi Pandemi Covid-19 di negara yang
belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa.

“Saya mengajak kepada kita semua, bahwa di balik kegiatan Wisuda Daring kita ini, ada
kepentingan yang lebih besar yakni kesehatan masyarakat untuk terhindar dari Covid -19 yang hingga saat ini belum reda,” ujarnya.

Karenanya, kata rektor, di era pandemi Covid-19 saat ini, para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran di bidang information techmology (IT) atau teknologi informasi (TI).

Sebab, sebutnya, aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid -19 di negeri
Indonesia.

“Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di Unimed, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang saudara geluti. Kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri 4.0, agar saudara mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif,” kata Rektor Unimed.

Dr Syamsul juga mengatakan masyarakat menaruh harapan yang cukup besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, maupun kinestetik yang menjadi sikap dan mentalitas para wisudawan.

Pada kesempatan itu rektor berpesan kepada para lulusan agar menjaga nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan, menunjukkan .
diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill
dan soft skill yang baik, tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater dan
sesama alumni, memberikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-
solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat, bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis
khususnya sebagai keluarga besar Unimed serta berkenan menjadi Duta
dalam pencegahan penyebaran Covid -19 di masyarakat.

Adapun 812 lulusan yang diwisuda berasal dari.
104 Lulusan Program Pascasarjana, 34 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 142 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni,
74 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial,
128 Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 64 Lulusan Fakultas Teknik, 66 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 200 Lulusan Fakultas Ekonomi.

“Dari 812 yang diwisuda, 11 orang tercatat sebagai Doktor Pendidikan (Dr.), 6 Magister Humaniora (M.Hum), 77 Magister Pendidikan (M.Pd), 1 Magister Olahraga (M.Or), 9 Magister Sains (M.Si), 594 Sarjana Pendidikan (S.Pd.), 15 Sarjana Sastra (S.S.), 21 Sarjana Sains (S.Si), 2 Sarjana Olahraga (S.Or.), 72 Sarjana Ekonomi (SE)z dan 4 Ahli Madya (A.Md.),” kata rektor. (Nas)

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes memimpin prosesi wisuda lulusan Unimed, Rabu (12/8/2020).

Print Friendly