Pembatalan Porsi Calhaj di Kemenag DS Terus Bertambah


KANALMEDAN – Kepala Kemenag Kabupaten Deli Serdang melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, H Ahmad Qosbi Nasution MM (foto) mengatakan, calon jemaah haji (calhaj) yang membatalkan porsi hajinya dengan menarik kembali uang  setoran awal  BPIH (Biaya Penyeleggaraan Ibadah Haji), terus bertambah. Bahkan kata Kosbi,  hampir tiap minggu ada calhaj yang membatalkan porsinya dengan menarik kembali uangnya.

” Sampai saat ini sudah mencapai 100 calhaj yang mengundurkan diri dengan menarik kembali setoran awal BPIH-nya,p” kata Kosbi, Rabu (5/8).

Lebih lanjut Kosbi mengatakan,  jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah karena dalam setiap minggunya ada saja calhaj yang mengajukan pembatalan.

“Kita sudah memberikan arahan  pada setiap calhaj yang akan membatalkan porsi hajinya, agar jangan sampai membatalkan porsinya, tetapi para calhaj  lebih memilih menarik uangnya untuk keperluan sehari -hari yang lebih mendesak” kata Kosbi.

Alasan para calhaj membatalkan porsi dan menarik uang  setoran awal BPIH-nya lebih dominan karena faktot ekonomi yang mendesak atau untuk digunakan buat modal usaha. (Sor)

Print Friendly