Seluruh Desa di Sumut Akan Terapkan Aplikasi “eDMC”

KANALMEDAN – Seluruh  desa di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menerapkan Aplikasi  Desa Melawan COVID-19 (e-DMC), guna membantu pencegahan dan penanganan  Covid-19 Virus  Corona di desa.

Demikian Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut, Ir H Aspan Sofian MM, ketika berbicara pada kegiatan Training of Trainers (ToT) Aplikasi eDMC-19 secara daring (online), Selasa (09/06/2020).

Penerapan aplikasi eDMC  kata Aspan Sofian, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020, tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Corona Virus Disease 19 (Covid-19) dan Human Development Worker.

“SE Kemendesa tersebut  ditujukan kepada para Kepala Daerah, Kepala Desa dan para Pendamping Profesional. Maka ToT ini sangat penting, sebab kita juga akan menerapkan aplikasi ini untuk seluruh desa di Sumut”, katanya.

Aplikasi eDMC akan mempercepat pengumpulan data secara nyata dan cepat terkait penyebaran Covid-19  dan dampaknya bagi masyarakat .

Ir H Aspan Sofian MM

“Dengan menerapkan aplikasi eDMC, maka akan memudahkan proses pelaporan atas kondisi desa terkait COVID-19. Sehingga dengan data yang cepat, akurat dan real, pemerintah dapat cepat mengambil kebijakan yang diperlukan”, katanya.

Kegiatan ToT Aplikasi eDMC-19 tersebut,  berlangsung selama dua hari, yakni sejak Senin hingga Selasa hari ini.

Selain Aspan Sofian selaku Kadis PMD Sumut, nara sumber dalam ToT aplikasi eDMC tersebut,  terdiri dari Maizer Ahmadin, Sukoyo, Lendy Wiboro masing-masing dari Kementerian Desa, dan Berliana Simatupang dari Satker P3MD Sumut.

Peserta ToT dua orang dari tiap Kabupaten/Kota , masing-masing dari Dinas PMD satu orang dan Tenaga Ahli (TA) Teknologi Tepat Guna (TTG) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten/Kota se Sumut.

ToT secara online atau Daring tersebut, dipandu Erwin Lubis dari Kordinator Pendamping Wilayah (KPW) – 1 Sumut . Dengan kepiawaiannya selaku Host Moderator, Erwin Lubis, sukses memandu ToT aplikasi eDMC tersebut  sejak dari pembukaan hingga acara penutupan.

ToT ini, nantinya akan memfasilitasi dan melatih penggunaan aplikasi eDMC bagi Kades dan PD/PLD di Kabupaten/Kota. Dengan demikian, Kades atau operator yang ditunjuk, dapat dengan mudah menggunakan aplikasi eDMC  tersebut. (Jen)

Print Friendly