UISU dan Bupati Batu Bara Sepakati Kerjasama

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP memperlihatkan naskah kerjasama yang sudah ditandatangani di Ruang Serbaguna Pusat Administrasi UISU Rabu (3/6) sore

KANALMEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Bupati Batu Bara sepakat menandatangani kerjasama (memorandum of understanding) antara kedua institusi yang berlangsung di Ruang Serbaguna Pusat Administrasi UISU, Rabu (3/6) sore. Naskah MoU ditandatangani langsuung Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP.

Dalam naskah kerjasama yang ditandatangani para pihak itu, disebutkan bahwa objek kerjasama meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan sumber daya dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Batu Bara. Setidaknya ada 8 (delapan) ruang lingkup kerjasama yang dituangkan dalam naskah kerjasama itu. Diantaranya, Pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat. Seminar, publikasi, penerbitan dan lokakarya. Selain itu juga termasuk ruang lingkup yakni survey dan pemetaan serta kegiatan lain yang disepakati para pihak.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan kerjasama itu, Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Osman Delikhan Al-Hajj, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg, Ph.D, Sp. Pros (K), FICD, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Dr Liesna Andriany, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zufrizal, SE, Ak. CA. MBA. MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST,  MT, dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS, MA, serta para Dekan di lingkungan UISU.

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam pertemuan itu memaparkan berbagai perkembangan UISU saat ini menyangkut jumlah mahasiswa yang mencapai 8900 orang dan jumlah Prodi S1 dan S2 yang ada,  termasuk juga memperkenalkan profil sejumlah gedung UISU yang berada di Kota Medan, serta alumni UISU yang menduduki posisi penting di pemerintahan. “Kerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten juga dinilai penting bagi perguruan tinggi dalam memberi sumbangan pengetahuan di berbagai bidang, sehingga perguruan tinggi tidak hanya sebagai menara gading,” kata Rektor UISU.

Rektor berharap momen yang terjadi tidak hanya sekedar penandatangan MoU, tetapi lebih penting adalah kelanjutan serta wujud nyata kerjasama antara UISU dan Pemkab Batu Bara. “Banyak hal yang bisa dikerjasamakan baik di bidang penelitian maupun dalam bidang peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat ,”ujarnya. Ditambahkannya, kerjasama dalam hal Penelitian secara langsung akan membantu guna memperkenalkan Kabupaten Batu Bara ke dunia internasional melalui tulisan hasil penelitian di jurnal internasional.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP mengenakan kain songket Batu Bara kepada Ketua Pembina UISU T Hamdy Osman Delikhan Al-Hajj usai menandatnagani kerjasama di Ruang Serbaguna Pusat Administrasi UISU Rabu (3/6) sore.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP hadir bersama Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus dan staf mengakui sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan UISU sebagai perguruan tinggi tertua di Sumatera Utara. Menurut orang nomor satu di Pemkab Batu Bara itu, banyak kerjasama yang dapat dilakukan dalam rangka kemajuan bagi Pemerintahan Kabupaten Batu Bara. “Saya yakin  pembangunan yang didahului dengan penelitian akan memberi hasil yang lebih baik,”ucap Zahir.

Bupati Batu Bara juga memberi sinyal bagi UISU untuk melakukan penelitian di bidang kepuasan masyarakat terhadap pembangunan Kabupaten Batu Bara, termasuk juga di bidang lain seperti pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya ASN.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU,  Prof. Ismet Danial Nasution pada kesempatan itu mengatakan bahwa saat ini pemerintah harus melakukan kerjasama atau kalaborasi dengan perguruan tinggi guna mencapai kemajuan yang maksimal bagi pembangunan daerahnya. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi kerjasama ini. Enam bulan kemudian nantinya harus dilakukan evaluasi apa hasil yang telah diperbuat kedua belah pihak,”ucap Prof. Ismet.

Acara penandatanganan kerjasama  itu juga diiringi dengan pemberian cenderamata dan ramah tamah antara Bupati  Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP dengan pimpinan UISU. Selain bertukar cendermata, Bupati Batu Bara secara khusus juga memberikan kain songket Batu Bara kepada Ketua Pembina UISU T Hamdy Osman Delikhan Al-Hajj gelar Rajamuda yang juga pemangku adat Kesultanan Deli sebagai bentuk penghormatan. (Nas)

Print Friendly