51 Calon Mahasiswa Kedokteran UISU Ujian CBT

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melihat langsung proses pelaksanaan Ujian CBT Calon Mahasiswa Kedokteran UISU Minggu (10/5) yabg berlangsung secara daring dan ofline di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan.

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar Ujian Computer Base Test (CBT) khusus calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, Minggu (10/5). Pelaksanaan ujian berlangsung secara daring dan offline.

Secara offline, pelaksanaan Ujian CBT digelar di Pusat Administrasi Kampus UISU Jalan SM Raja Medan. Sedangkan untuk online dilakukan calon peserta dari masing-masing tempat asalnya.

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melihat langsung pelaksanaan Ujian CBT kemarin. Kepada wartawan, Rektor UISU menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian ini merupakan yang kedua dilaksanakan UISU. “Alhamdulillah, animo peserta yang ingin melanjutkan pendidikan program studi Sarjana Kedokteran di UISU tetap tinggi,”ujarnya Rektor UISU.

Hadir dalam pelaksanaan ujian CBT itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Andriany, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zufrizal SE AkCA MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa, Alumni dan Kewirausahaan, Ahmad Bakhori, ST. MT dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP menjelaskan, bahwa UISU menawarkan pelaksanaan test Ujian Masuk secara daring kepada seluruh calon mahasiswa UISU. “Tidak hanya untuk program studi kedokteran, tapi juga program studi yang lain,”katanya. Jadi, kata Rektor UISU, calon mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kampus untuk melakukan proses registrasi dan melaksanakan ujian.

dr. Alamsyah Lukito sedang melakukan pemeriksaan kesehatan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran UISU di Ruang Poliklinik Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan.

Ketua Panitia Drs. Budianto, M.Pd menjelaskan untuk pelaksanaan ujian CBT kali ini, diikuti 51 peserta yang sebagian besarnya diikuti secara online melalui aplikasi zoom sebanyak 46 orang an 5 orang mengikuti secara ofline dari Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan. Dikatakan Budianto, M.Pd bahwa calon mahasiswa yang mengikuti ujian secara online sebelumnya sudah mengikuti simulasi dan petunjuk yang disampaikan panitia.

“Alhamdulillah selama pelaksanaan ujian 1 jam tidak ada kendala terkait pelaksanaan ujian secara online yang dilakukan panitia dengan calon mahasiswa,”ujarnya. Meskipun asal daerah calon mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan ujian sangat beragam. Beberapa diantaranya dari Bengkalis, Sipirok, Rantau Parapat, Langkat, Limapuluh, Banyuasin Sumatera Selatan, Kota Pinang, Lhokseumawe dan Langsa.

Ditambahkan Budianto, bahwa untuk selanjutnya khusus calon mahasiswa kedokteran pihaknya memang melakukan berbagai rangkain ujian. Mulai dari ujian CBT, pemeriksaan kesehatan, test psikologi, pemeriksaan narkoba hingga proses interview. “Selanjutnya kita akan menetapkan kelulusan dan mengumumkannya melalui web uisu,”kata Budianto.

Pada saat yang sama, Budianto didampingi Sekretaris panitia, Ir. Abdurrozzaq Hasibuan, MT  menambahkan, dalam rangka memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UISU, diberikan kemudahan dengan membebaskan biaya pendaftran dan dan ujian masuk untuk program studi non Fakultas Kedokteran. “Mengingat situasi pandemi covid19 yang terjadi saat ini, semua proses pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara online,”ucapnya.

Saat ini UISU dengan peringkat akreditasi B mengelola 35 program studi yang terdapat di 9 Fakultas di UISU. “Silahkan mendaftar secara online melalui www.pmb.uisu.ac.id dan whatsapp nomor 081263621919,”ujar Budianto. Untuk lokasi kampus, pihaknya menjelaskan bahwa UISU memiliki kampus yang terletak di Jalan SM Raja Medan, Jalan STM Medan, Jalan Karya Wisata Medan dan Kampus Jalan Platina Medan Marelan. (Nas)

Print Friendly