UISU Peduli Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Masjid-Masjid

Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution, drg saat mengikuti kegiatan Aksi UISU Peduli di Masjid Ar Riva’i Jalan SM Raja Medan.

KANALMEDAN – Menyikapi situasi yang berkembang saat ini terkait mewabahnya virus corona atau Covid-19, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melakukan aksi UISU Peduli dakwah bil haal (tindakan) dalam bentuk penyemprotan cairan disinfektan ke masjid-masjid yang ada di Kota Medan dan sekitarnya. Hingga Sabtu (28/3) sore setidaknya Tim Aksi UISU Peduli telah melakukan penyemprotan di 10 masjid.

Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, MAP yang langsung ikut bersama tim UISU Peduli mengatakan, Tim Aksi UISU Peduli ini merupakan bagain dari kegiatan dakwah bil hal  dalam rangka mencegah penyebaran virus corona dengan mengutamakan masjid-masjid yang ada di Kota Medan.

Jika memungkinkan, katanya, kegiatan serupa akan dilakukan hingga Ramadan 1441 H. “Selama bulan Sya’ban ini UISU mengambil peran di tengah-tengah masyarakat. Semoga menjadi berkah bagi UISU,” katanya.

Hal itu sejalan dengan pencapaian visi UISU menjadi perguruan tinggi yang islami, andal, teruji, bermartabat mulia dan dicintai masyarakat serta diridhai Allah SWT.

Rektor menyampaikan, UISU telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 10 mesjid,  yakni Masjid Baitul Amin, Masjid Sunanul Huda dan Masjid Baiturrahim di kawasan Kecamatan Medan Polonia. Kemudian Masjid Ar Rahman dan Nurul Falah di Medan Johor, Masjid Ar Rivai di Medan Amplas, Masjid Nurul Huda di Medan Marelan,  Masjid Al Jihad dan Al Iman di Medan Tembung dan Masjid Sulaimaniyah di Jalinsum Perbaungan.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg yang juga hadir dalam penyemprotan disinfektan di Masjid Ar Rivai Medan mengapresiasi gerakan Aksi UISU Peduli yang merupakan implementasi catur dharma UISU yakni pengabdian dan dakwah islamiyah yang menjadi ciri khas UISU. “Ini merupakan bentuk tanggungjawab moral UISU,” ujarnya.

Dia berharap aksi sosial ini mendapat ridha Allah SWT dan akan memberikan manfaat bagi masyarakat Sumut dalam mencegah penyebaran virus corona.

Sementara itu, kehadiran Tim Aksi UISU Peduli di masjid-masjid mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pihak badan kenaziran mesjid. Tengku Basyaruddin Sukri yang mewakili Dewan Nazir Masjid Raya Sulaimaniyah Perbaungan mengucapkan terimakasih kepada UISU yang sudah melakukan tindakan preventif secara masif terkait mewabahnya virus corona  dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di masjid raya tersebut.

Hal yang sama disampaikan Agus Salim, Ketua BKM Nurul Falah Jalan Eka Rasmi Medan. Pihaknya mengucapkan terimakasih atas kepedulian UISU terhadap mewabahnya Covid-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke masjid-masjid. Pihaknya berharap  UISU terus melakukan aksi serupa ke masjid-masjid lain.

Pada kesempatan terpisah, Ketua BKM Masjid Ar-Rivai Jalan SM Raja Medan, H Ikrom Helmy Nasution mengucapkan terimakasih atas partisipasi UISU dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. “Kami berdoa, semoga menjadi amal ibadah bagi UISU. Semoga UISU semakin jaya dan dicintai oleh masyarakat,” katanya saat menerima tim UISU Peduli, kemarin.  (Nas)

Print Friendly