Cegah Virus Corona, Unimed Alihkan Perkuliahan Tatap Muka ke E-Learning

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes

KANALMEDAN – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) telah mengeluarkan surat edaran untuk semua civitas akademika Unimed tentang tindakan pencegahan penyebaran virus corona atau Corona Virus Covid-19 (Covid-19) di perguruan tinggi negeri (PTN) itu.

“Mulai 17 Maret hingga 3 April 2020, perkuliahan di Unimed dialihkan dari bentuk tatap muka ke dalam bentuk E-Learning, Vi-Learning, Mailing List, WA Group, Line, Skype atau sejenisnya,” kata Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, seusai menggelar rapat pimpinan (rapim) di Unimed, Senin (16/3).

Sedangkan praktikum (laboratorium, bengkel, studio, sanggar, microteaching), menurut Symasul, akan dilaksanakan dengan bentuk pemberian tugas lain yang relevan sesuai dengan capaian perkuliahan.

“Sementara perkuliahan lapangan  seperti KKN, PKL, PPL, Magang, dan perkuliahan mahasiswa/dosen  untuk sementara waktu dikompensasi dalam bentuk kegiatan lain,” lanjut rektor.

Kemudian, tambah Syamsul, UTS dan UAS dilaksanakan secara online. Adapun ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian skripsi, tesis, dan disertasi, dan ujian konprehensif, tetap diadakan namun hanya dihadiri oleh mahasiswa yang diuji dan pengujinya yang telah memenuhi protokol WHO atau dalam dilakukan secara online.

“Keputusan ini kita ambil sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan Unimed. Kita berharap langkah ini akan membawa kebaikan bersama bagi seluruh civitas akademika Unimed, dan semoga tidak akan ada warga Unimed yang terjangkit virus vorona nantinya,” tutur Syamsul Gultom.

Ditambahkannya, perkuliahan dalam bentuk daring atau e-learning dan menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak massa banyak di kampus, merupakan langkah aktif dan efektif untuk pencegahan virus corona.

“Kita telah mempersiapkan kesiapan dosen dan semua pasilitas agar perkuliahan dalam bentuk daring dapat berjalan secara efektif dan tidak akan mengurangi efektivitas proses perkuliahan. Dan proses ini tetap sesuai dengan capaian perkuliahan setiap mata kuliah,” tandas rektor. (Nas)

Print Friendly