Laksanakan MTQ di Usia 81 Tahun, H Anif Pecahkan Rekor MURI

H Anif didampingi Ketua Yayasan H Anif, Musa Rajekshah menerima paiagam dari Perwakilan MURI, seusai pembukaan MTQ ke-2 Yayasan Haji Anif, Minggu (15/3). (foto kanalmedan/nas)

KANALMEDAN – H Anif memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai seorang yang melaksanakan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) di usi 81 tahun.

Pendiri MURI, Jaya Suprana mengungkapkan rasa kagumnya karena H Anif terus berkarya untuk nusa dan bangsa, melalui penyelenggaraan MTQ.

“Semoga Allah senantiasa menganugerahkan kesehatan lahir dan batin kepada Bapak H Anif, dan bisa terus mengabdikan diri kepada nusa bangsa dan umat manusia,” ujar Jaya Suprana dalam sambutannya yang ditayangkan melalui rekaman video pada pembukaan MTQ ke-2 Yayasan H Anif di Halaman Masjid Almusannif, Jalan Cemara Medan, Minggu (15/3).

Jaya Suprana juga memberikan selamat kepada H Anif yang pada 23 Maret 2020 mendatang  akan berulang tahun ke-81. “Selamat H Anif, telah menempuh perjalanan hidup selama 81 tahun secara gilang gemilang,” terangnya.

Pembukaan MTQ ke-2 Yayasan Haji Anif ini turut dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Edy Rahmayadi, Ketua Yayasan H Anif Musa Rajekshah, Ketua Umum MUI Sumut Prof H Abdullah Syah, Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut H Maratua Simanjuntak,  Ustaz H Bachtiar Nasir dari Jakarta, Ustaz H Nuim Khaiyath dari Melbourne Australia, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Bupati Batu Bara H Zahir, Bupati Sergai H Soekirman, menantu Presiden Jokowi Bobby Nasution, dan para tokoh lainnya.

Dalam kesempatan ini, H Anif mengungkapkan, setiap pemenang MTQ selain mendapatkan uang tunai dari panitia akan dapat hadiah tambahan berupa umrah. “Dalam usia 81 mohon dikasi Allah umur berkah dan berguna bagi orang banyak. Walaupun saya tidak ada lagi, MTQ ini saya minta terus berjalan kepada anak cucu saya,” jelasnya.

Kata pengusaha nasional ini, hadiah umrah juga diberikan BRI, Bank Syariah Mandiri, Wong Solo dan Ustaz Abdul Somad kepada para pemenang MTQ.


H Anif diabadikan bersama Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, Ketua Yayasan H Anif Musa Rajekshah, Ketua Umum MUI Sumut Prof H Abdullah Syah, Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami,  Ustaz H Bachtiar Nasir dari Jakarta, Ustaz H Nuim Khaiyath dari Melbourne Australia, sejumlah bupati dan tokoh lainnya seusai pembukaan MTQ ke-2 Yayasan Haji Anif.
(foto kanalmedan/nas)

Ketua Umum Yayasan H Anif, Musa Rajekshah menuturkan, MTQ ke-2 ini digelar saat suasana pandemi corona mengancam. Tidak perlu panik, tapi masyarakat harus waspada. “Itu Allah memberikan cobaan kepada kita.  Jangan  karena corona tak beribadah, akan makin banyak cobaan lagi pada kita,” ucap Wagub Sumut ini.

Begitu juga pada MTQ ke-1 tahun lalu, digelar saat suasana tidak kondusif akibat Pilpres 2019. “Tapi Pak H Anif bilang, laksanakan saja MTQ. Kita tidak ada niat lain, kecuali membaca Alquran dan menghafal Alquran. Alhamdulillah berjalan lancar,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Dr H Ardiansyah Lc MA menjelaskan, peserta yang mengikuti MTQ sebanyak 1.060 orang. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 778 peserta.

“Sebenarnya bisa lebih besar, tapi pendaftaran melalui online terpaksa kita close tiga minggu lalu,” terang Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut ini.

Kata Ardiansyah, lomba tahfiz putra dan putri masing-masing diikuti 300 peserta, lomba tilawah putra dan putri masing-masing dikuti 230 peserta. Kegiatan ini, sambungnya, merupakan inisiatif keluarga H Anif sebagai bentuk kesyukuran H Anif di milad ke 81.  “Acara dilaksanakan sepekan penuh mulai 15 – 22 Maret 2020. Pada acara penutupan akan diisi tabligh akbar Ustaz Abdul Somat,” katanya. (Nas)  

Print Friendly