Ribuan Santri MDTA Kota Medan Peragaan Manasik Haji

KANALMEDAN – Ribuan santri/ santriwati Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se Kota Medan, melaksanakan peragaan manasik haji di UPT Asrama Haji Medan, Rabu (5/2).

Kakan Kemenag Kota Medan  Dr H Impun Siregar MA, menyambut baik dan memberi apresiasi atas terlaksanya Manasik haji santri MDTA kota Medan tersebut.

Menurut Impun, peragaan  manasik  haji pada anak usia dini sangat besar manfaatnya. Hal ini sesuai  dengan tuntunan Islam yaitu  menanamkan dasar-dasar pendidikan agama pada anak sejak dini.

“Dengan peragaan manasik haji ini diharapkan para santri khususnya Santri MDTA Kota Medan menjadi anak soleh  dan solehah,” harap Impun.

Dalam kesempatan itu, Impun minta guru-guru MDTA supaya  tetap semangat memberikan pendidikan agama pada santri agar mereka menjadi anak yang soleh dan solehah, berbakti pada orangtua, nusa dan bangsa.

Sementara itu, Kasi Pakis Kemenag Medan H Ahmad Faisal Nasution MHI, mengatakan, manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Selain itu, sebagai pembelajaran   tentang  cara melakukan  tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Menurut Faisal, jumlah santri MDTA yang mengikuti manasik haji  lebih dari 2000 orang berasal dari 100 MDTA se-Kota Medan.

Ia berharap, dengan peragaan  manasik diharapkan terpatri di hati santri  pengetahuan tentang perhajian, sehingga pada saatnya nanti,  para santri sudah tahu apa saja yang dikerjakan ketika melaksanakan rukun Islam kelima  di tanah suci Mekkah.

“Kita berharap, peragaan manasik haji santri MDTA Kota Medan lebih baik lagi baik  kualitas maupun kuantitasnya,” kata Faisal.

Hadir pada acara tersebut Ketua FKDT Sumut, pengurus FKDT Kota Medan, pengurus FKDT tingkat  kecamatan dan para guru MDTA serta ustaz dan ustazah pemandu prosesi manasik. (Sor)

Print Friendly