Kuliah Umum STIE Tricom: Jadi Pengusaha Sukses Harus Miliki OONA

Founder/Managing Director NTU Academy Laksamana Adiyaksa SH MM MKn CPS, Ketua STIE Tricom Prof Ir Zulkarnain Lubis MS PhD (kedua kiri) didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom Usli Sarsi (kiri) dan Bendahara Apindo Sumut Dr Ir Martono Anggusti SH MH MHum menunjukkan naskah MoU yang baru ditandatangani. (foto kanalmedan/nas)

KANALMEDAN – Siapa pun bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses dan maju. Karena jiwa entrepreneur telah ada pada diri pribadi manusia sejak dilahirkan. Namun, jiwa entrepreneur tersebut tak seluruhnya dapat diaplikasikan dengan baik.

“Kunci untuk sukses menjadi entrepreneur atau pengusaha harus memiliki OONA,” kata Bendahara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Dr Ir Martono Anggusti SH MH MHum saat menyampaikan kuliah umum bertajuk “Bagaimana Menjadi Entrepreneur” di depan ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonmi (STIE) Tricom, di aula NTU Acaddemy, gedung Jati Juction, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa malam (4/2/2020).

Serial kuliah umum yang setiap bulan digelar STIE Tricom itu, dihadiri Founder/Managing Director NTU Academy Laksamana Adiyaksa SH MM MKn CPS, Ketua Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom Usli Sarsi, Ketua STIE Tricom Prof Ir Zulkarnain Lubis MS PhD, para Wakil Ketua STIE Tricom, Dekan dan Dosen serta puluhan mahasiswa berbagai jurusan. Kuliah umum dipandu Rony Juliansyah, dosen STIE Tricom.

Menurut Pak Mar, sapaan akrab Martono Anggusti, OONA itu singkatan dari Otot, Otak, Nyali dan Action. “Jadi seorang pengusaha harus memiliki yang namanya OONA, yakni Otot, Otak, Nyali dan Action,” beber pengusaha ini memotivasi para mahasiswa STIE Tricom.

Ratusan mahasiswa STIE Tricom saat mengikuti kuliah umum di aula NTU Academy,.

Selain itu, kata Pak Mar, seorang pengusaha harus memiliki visi dan misi yang jelas sebelum memulai sebuah usaha. Apalagi, saat ini memasuki era digitalisasi yang menuntut entrepreneur yang kreatif.

“Teknologi sekarang ini sangat canggih yang membawa perubahan besar pada segala sektor dan bidang. Sehingga mendorong entrepreneur yang kreatif dalam memasarkan produknya,” sebut Martono.

MoU Tricom-NTU

Di sela-sela kuliah umum, STIE Tricom dan NTU Academy menandatangani naskah kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pengembangan pendidikan.

Naskah MoU ditandatangani langsung Founder/Managing Director NTU Academy Laksamana Adiyaksa SH MM MKn CPS dan Ketua STIE Tricom Prof Zulkarnain Lubis, disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom Usli Sarsi dan Bendahara Apindo Martono Anggusti.

Dalam kesempatan itu Ketua STIE Tricom Prof Zulkarnain Lubis menyebutkan, sinergitas antara STIE Tricom dan NTU Academy merupakan wujud nyata mendukung pengembangan dunia pendidikan tanah air khususnya Kota Medan.

“STIE Tricom dan NTU Academy memiliki cita-cita yang sama yakni bagaimana berperan meningkatkan kualitas pendidikan kita,” katanya.

Dari kiri: Founder/Managing Director NTU Academy Laksamana Adiyaksa SH MM MKn CPS, Ketua Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom Usli Sarsi, Bendahara Apindo Sumut Dr Ir Martono Anggusti SH MH MHum dan Ketua STIE Tricom Prof Ir Zulkarnain Lubis MS PhD diabadikan bersama seusai penandatanganan MoU.

Prof Zul mengungkapkan, STIE Tricom saat ini sedang membenahi kurikulum. “STIE Tricom telah melakukan perombakan kurikulum yang sesuai dengan profil lulusan, yaitu internationalization dan technopreneurship, melalui penerapan pembelajaran kepada mahasiswa yang berorientasi bisnis menggunakan teknologi. Melalui kurikulum baru ini, mahasiswa lebih dikenalkan kepada dunia kerja dan bagaimana menciptakan lapangan kerja, dengan menerjunkan langsung mahasiswa ke perusahaan melalui program magangnya,” kata mantan Rektor UMA ini seraya menyebutkan bahwa mata kuliah baru yang akan dibuat STIE Tricom adalah Digital Marketing dan E-Commerce.

Prof Zul menambahkan, STIE Tricom juga akan menelurkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha di era milinial. (Nas)

Print Friendly