Unimed Optimistis Pertahankan Akreditasi A

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MKes

KANALMEDAN – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Syamsul Gultom SKM MKes mengatakan, saat ini Unimed fokus pada reakreditasi sehingga akreditasi A yang kini disandang Unimed dapat dipertahankan.

“Dalam konteks reakreditasi tahun 2021 ini, saya berharap dukungan semua elemen yang ada di Unimed termasuk para jurnalis pendidikan, ” harap rektor pada acara Media Gathering sekaligus Refleksi Akhir Tahun 2019 yang digelar di Aula Gedung Arsip Unimed,  Selasa (17/12).

Hadir dalam acara itu, Rektor Unimed periode 2014-2019 Prof Dr Syawal Gultom MPd, Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah SE alias H Buyung, para wakil rektor, dekan di lingkungan Unimed, Kepala Humas Unimed Muhammad Surif, dan para jurnalis pendidikan. 

Rektor menjelaskan, saat ini Unimed melakukan beberapa langkah sebagai upaya mempertahankan akreditasi A tersebut. Langkah pertama, adanya keinginan serta komitmen kepemimpinan yang kuat untuk membimbing dan mengarahkan semua elemen yang ada di Unimed.

Kedua, Unimed tetap menjadi unggul dengan melibatkan semua sumber daya yang ada di Unmed. Ketiga, kata rektor,  tentunya memenuhi semua kriteria, baik itu kriteria administratif maupun kriteria substantif.

“Pertanyaannya mengapa harus unggul atau tentu yang pertama sekali adalah sebagai derajat kebebasan bagi lulusan untuk memilih pekerjaan tentunya di instansi manapun. Kedua adalah sebagai kredibilitas untuk menyelenggarakan pendidikan kelas dunia untuk mengakomodasi mahasiswa, ” ungkapnya. 

Dan ketiga adalah sebagai peluang untuk mendapatkan berbagai hibah kompetisi dan yang keempat adalah sebagai peluang untuk melakukan kerjasama baik itu kerjasama dalam negeri baik itu kerjasama dengan luar negeri.

“Kelima  adalah Unimed berpeluang untuk membina kawasan seluruh perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara atau di Sumatera, dan yang terakhir adalah sebagai kemaslahatan untuk warga Universitas Negeri Medan, ” jelasnya.

Perpanjangan Tangan

Syamsul Gultom juga menegaskan, media merupakan mitra sekaligus perpanjangan tangan untuk menyampaikan informasi khususnya pemberitaan Unimed.

“Saya berharap kepada semua jurnalis pendidikan baik itu media cetak, media elektronik dan media online terus bekerjasama dengan Unimed.  Karena saya yakin bapak/ibu jurnalis merupakan perpanjangan tangan untuk menyampaikan informasi-informasi yang positif dan beberapa prestasi baik untuk skala nasional maupun internasional kepada seluruh masyarakat luas yang ada di Indonesia dan di Sumut, ” ujar rektor. 

Di kesempatan itu, Rektor menyambut baik kegiatan kehumasan ini, karena bagaimanapun juga media adalah mitra kerja Unimed. 

“Kami sangat yakin bahwa sebagai perguruan tinggi perlu meningkatkan aksesibilitas, yang salah satunya bermitra dengan media, ” ujar Dr Syamsul.

Sebab, lanjutnya, tanpa peran media, Unimed tidak akan dikenal oleh dunia. Karena itu, kerjasama dengan para awak media akan memberikan hal positif bagi kemajuan Unimed. (Nas)

Print Friendly