WR I ITM: Umat Islam Harus Terdepan Kuasai Ekonomi dan Iptek

KANALMEDAN – Wakil Rektor I Institut Teknologi Medan (ITM) Dr  Ir  Hermansyah Alam MT, MM mengatakan, umat Islam terutama generasi milenialnya harus terdepan menguasai  ekonomi dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

 “Umat Islam tidak boleh ketinggalan dalam penguasaan ekonomi dan Iptek. Sebab semua yang berkaitan dengan  ekonomi dan iptek  sudah tertera di dalam Alquran,” kata Hermansyah Alam saat menyampaikan sambutan pada peringatan  Maulid Nabi Muhammad  SAW 1441 H yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITM, Sabtu pekan lalu, di Aula ITM, Jalan Gedung Arca Medan.

Maulid Nabi bertajuk” Cinta Nabi Cinta Syariah” itu dihadiri Ketua BEM ITM Tomi Hasan Ginting, Ketua Lembaga Dakwah  ITM  Sartria Adi Nugraha,  Ustaz Azwar Hadi Lubis serta para dosen dan mahasiswa  ITM.

Lebih lanjut, Hermansyah Alam mengatakan, tidak ada alasan bagi generasi muda Islam tidak  menguasai ekonomi dan Iptek karena  Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam dengan  lengkap  membahas  tentang ekonomi dan iptek.

“Alquran diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad menjadi pedoman hidup manusia. Karenanya, umat Islam tak boleh tertinggal dalam penguasaan teknologi karena merupakan perintah Alquran,” kata doktor ekonomi syariah UINSU ini.

Ia mengatakan,  kalau  sudah menguasai ekonomi dan iptek  niscaya umat Islam akan menguasai  dunia.  Sebaliknya  apabila itu tak mampu dikuasai, umat Islam akan menjadi mangsa bagi orang-orang yang menguasai ekonomi dan iptek.

Paling penting lagi,  umat Islam Indonesia harus bersatu. “Apa pun mahzabnya mari kita tinggalkan pertikaian dan perbedaan. Waktunya kita menguasai ilmu pengetahuan dan ekonomi agar kita tidak menjadi penonton,” katanya .

Turut memberikan sambutan, Ketua BEM ITM Tomi Hasan Ginting dan Ketua Lembaga Dakwah ITM Satria Adi Nugraha. Keduanya mengapresiasi semangat para mahasiswa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Keduanya berharap, agar makna dari peringaran Maulid ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa.

Sedangkan tausyiah disampaikan Ustaz Anwar Hadi Lubis. Dia banyak bercerita tentang makna dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia mengajak mahasiswa mencintai dan meneladani Nabi Muhammad SAW. (HAM)

FOTO:

WR I ITM Dr  Ir  Hermansyah Alam MT, MM (ketiga kiri) bersama Ketua BEM ITM Tomi Hasan Ginting, Ketua Lembaga Dakwah  ITM  Sartria Adi Nugraha  dan  Ustaz Azwar Hadi Lubis pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampus ITM.

Andalas/ist

Print Friendly