UMA Wisuda 681 Sarjana dan Magister

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dan Ketua YPHAS HM Erwin Siregar diabadikan bersama mahasiswa berpestasi seusai penyerahan apresiasi di sela acara wisuda.

KANALMEDAN – Pada 2019 ini Universitas Medan Area (UMA) telah melaksanakan kerjasama terbaru dengan sejumlah BUMN dalam kegiatan Magang Bersertifikat untuk mahasiswa semester akhir. Program ini telah meluluskan 5 orang mahasiswa.

“Kerja sama itu dilakukan untuk memberikan kemudahan agar mahasiswa UMA memiliki pengalaman di dunia kerja dan sekaligus untuk membuka jalan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai,” kata Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc dalam pidatinya pada wisuda 681 sarjana dan pascasarjana (magister) periode II 2019 di Gelanggang Serbuguna Kampus I Jalan Kolam Medan Estate, Sabtu (23/11).

UMA, kata rektor, menyadari bahwa tantangan ke depan tidak mudah. Dia menyebutkan data statistik tingkat partisipasi angkatan kerja pada Februari 2019 di angka 136 juta orang, atau tumbuh 1,67 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menurutnya memperlihatkan tingkat yang tinggi di kalangan tenaga kerja Indonesia.

“Namun, dengan segala daya upaya yang telah sama-sama kita lakukan dan sinergi yang baik di antara kita, tantangan itu dapat menjadi peluang yang positif,” ungkapnya.

Untuk itu, rektor meminta lulusan UMA harus mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah. Selain itu alumni juga harus mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dan Ketua YPHAS HM Erwin Siregar menyerahkan penghargaan kepada ketua prodi ilmu komuniksdi FISIP UMA yang meraih akreditasi A.

Pada kesempatan itu rektor menyatakan khusus wisuda kali ini ijazahnya telah memiliki Nomor Ijazah Nasional.

“Ijazah, transkrip dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah serta foto copy yang telah dilegalisir telah ditandatangani dan siap dibagikan mulai Senin,” kata rektor.

Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs HM Erwin Siregar MBA menuturkan, pihaknya mendukung akselerasi program kerja universitas dengan membangun gedung perkuliahan di Kampus II Jalan Sei Serayu Medan yang saat ini sedang berjalan. Yayasan juga  membangun gedung kuliah bersama di Kampus I dan beberapa laboratorium baru untuk kebutuhan program studi.

“Di sebelah gedung asrama UMA, yayasan menyediakan lahan kebun percobaan seluas 4 hektare serta juga menyediakan penambahan fasilitas kampus dan sarana olahraga,” kata putra pendiri UMA Alm Drs H Agus Salim Siregar ini.

Di sela-sela wisuda, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Prof Dian Armanto menyerahkan SK izin pembukaan program doktor ilmu pertanian kepada Rektor UMA Prof Dadan Ramdan.

Selain itu, juga ada penyerahan SK Akreditasi A kepada dua prodi, yakni Magister Agribisnis dan S1 Prodi Komunikasi, dan penyerahan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi. (Nas)

Print Friendly