Antonius: Dinkes Harus Sikapi Cuaca Ekstrim, Antisipasi Penyakit Demam dan Diare

KANALMEDAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan harus lebih peduli terhadap kesehatan masyarakat saat ini. Pergantian musim dan cuaca ekstrim dikhawatirkan rentan menimbulkan berbagai penyakit ditengah masyarakat. 

“Dinkes Medan harus menyikapi perubahan cuaca yang tidak menentu di Medan. Berbagai jenis penyakit yang dikhawatirkan terjadi, supaya diantisipasi,” ungkap anggota DPRD Medan Antonius Devanus Tumanggor kepada wartawan di DPRD Medan, Jumat (18/10).  

Untuk itu, dia meminta Dinas Kesehatan Kota Medan agar segera melakukan penyuluhan dan sosialisasi upaya pencegahan atau pengendalian penyakit. “Petugas Dinkes harus turun ke lapangan menyahuti keluhan masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, genangan air yang banyak muncul pada musim penghujan dapat menimbulkan penyakit. Warga juga perlu waspada dan tetap berperilaku hidup sehat. “Biasanya kondisi cuaca musim hujan, rentan penyakit diare dan demam. Hal itu tentu supaya diantisipasi Dinkes, petugas harus turun ke lapangan, jangan tidur,” tekannya.

Khusus di Kelurahan Sei Agul, katanya, banyak diterima keluhan masyarakat yang mengalami demam dan diare. “Genangan air dan lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan penyakit DBD. Untuk menghindari berbagai penyakit yang timbul di masyakarat, harus dilakukan pencegahan,” tukasnya. (Jen)

Print Friendly