Haedar Nashir Resmikan Muhammadiyah Corner UMSU

KANALMEDAN – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr Haedar Nashir meresmikan Muhammadiyah Corner, di Gedung Pascasarajana UMSU, Jalan Denai Medan, kemarin. Muhammadiyah Corner merupakan bagian dari layanan khusus Kampus UMSU untuk publik khususnya mahasiswa Muhammadiyah.

Peresmian  Muhammdiyah Corner di Lantai 4 Gedung Pascasarjana ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimsyah Nasution dan Rektor UMSU Dr Agussani MA.

Haedar Nashir memberi apresiasi kepada Rektor UMSU yang menginisiasi tersedianya Muhammadiyah Corner. “Spirit literasi, pustaka dan penerbitan adalah kebaikan dan tradisi Muhammadiyah yang dilakoni Kiyai Dahlan sejak itu mendirikan Muhammadiyah. Pimpinan Muhammadiyah hari ini harus menjadikan pustaka sebagai bagian dari dakwah yang harus terus digelorakan,” katanya.

Dia kemudian memberikan catatan spesial dari peresmian Muhammadiyah Corner itu, yakni Muhammadiyah Corner harus menjadi pusat iqra (baca).

Kata Haedar, Kiyai Dahlan mendirikan Taman Pustaka pada tahun 1912 dan Suara Muhammadiyah pada tahun 1915 adalah contoh konkrit bagaimana Dahlan menjadi tokoh pembaharu dalam perkembangan Indonesia selanjutnya.

Ketua PP Muhammadiyah memberi ilustrasi bagaimana banyak pihak yang memberikan perhatian yang serius dengan kepustakaan. Banyak universitas yang menyediakan pustakan dengan fasilitas yang sangat excellence sehingga membuat orang nyaman membaca di dalamnya.

Rektor UMSU Dr Agussani mengatakan, Perpustakaan UMSU yang terakreditasi A kini dilengkapi beberapa layanan dalam membangun spirit literasi.  Seluruh kampus UMSU juga dilengkapi perpsutakaan baik dalam bentuk teks maupun digital (e-library).

Muhammadiyah Corner, kata Agussani, kini melengkapi fasilitas Perpustakaan UMSU yang sudah lebih dahulu memiliki beberpa corner, seperti BI Corner, Jepang Corner, dan India Corner.

“Di Muhammadiyah Corner diharapkan publik dapat menemukan teks seputar Muhammadiyah dari buku-buku lama, buku terbaru sampai berbagai referensi amal usaha dan biografi tokoh Muhammadiyah di berbagai daerah,” kata Agussani.

Usai peresmian Muhammadiyah Corner dilanjutkan Bedah Buku “Kuliah Ke-Muhammadiyahan” yang ditulis oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Buku yang diterbitkan Suara Muhammadiyah itu kini menjadi buku rujukan untuk memahami Muhammadiyah. (Nas)

Print Friendly