Besok, Anggota DPRD Medan Ikuti Orientasi


KANALMEDAN – Sebanyak 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 akan mengikuti masa orientasi mulai besok (1 – 4 Oktober) di The Hill Hotel, Deli Serdang. Kegiatan tersebut dalam rangka pembekalan para anggota dewan dalam menjalankan tugas selama 5 tahun kedepan.

“Kan masih banyak yang baru. Jadi sama seperti anak sekolah, siswa baru kan ada masa orientasi, perkenalan, atau biasa disebut MOS,” terang Sekretaris DPRD Medan, Abdul Aziz, Senin.

Menurut informasi, beberapa narasumber dari Jakarta, seperti perwakilan Kemendagri dan KPK akan hadir menjadi pembicara pada acara tersebut.

“Dari Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kemendagri, dari Direktorat Jendral Keuangan Daerah. Jadi yang berhubungan dengan Tupoksi (tugas, fungsi dan pokok) anggota dewan yang hadir mengisi materi,” bilangnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Medan sementara, Ihwan Ritonga, menyebutkan, pelaksanaan orientasi tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran Mendagri, No. 160/8946/SJ Point 5, tertanggal 3 September 2019, dimana, untuk orientasi pimpinan sementara dapat menugaskan anggota DPRD untuk mengikuti kegiatan orientasi itu.

“Sesuai SE itu, pimpinan sementara dibenarkan untuk menugaskan anggota DPRD untuk mengikuti kegiatan orientasi,” bilang Ihwan kepada wartawan, Senin (30/9).

Sebelumnya, penasehat Fraksi PAN DPRD Medan, Bahrumsyah menilai kegiatan masa orientasi terhadap 50 anggota DPRD Medan periode 2019-2024 berpotensi melanggar aturan. Sebab, belum memiliki pimpinan defenitif.

“Pada PP No.12/2018 Pasal 86 pada poin keempat menyebutkan bahwa anggota DPRD melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan DPRD dan kepada pimpinan fraksi. Tidak ada menyebutkan pimpinan DPRD sementara,” jelasnya belum lama ini.

Bahrumsyah menyarankan Sekratariat DPRD Medan menunda pelaksanaan masa orientasi sampai dilantiknya pimpinan defenitif. Orientasi baiknya dilaksanakan setelah benar-benar siap.

“Artinya, kita menginginkan pelaksanaan ini benar-benar siap. Penetapan pimpinan kan tidak memerlukan waktu lama lagi, kalau tidak salah tinggal satu lagi belum siap,” akunya. (Jen)

Print Friendly