Gelar Penyuluhan Dakwah, MUI Medan: Jadikan Masjid sebagai Pusat Dakwah Profesional

Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta saat membuka penyuluhan dakwah di Masjid Al Falah, Jalan Ibrahim Umar/Gg Sado, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Minggu (1/9).

KANALMEDAN = Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan melalui Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (DPM) menggelar penyuluhan dakwah di Masjid Al Falah, Jalan Ibrahim Umar/Gg Sado, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Minggu (1/9).

Bertindak sebagai narasumber dalam penyuluhan dakwah itu, Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta, Guru Besar Fakultas Dakwan dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Dr H Abdullah Jamil MA,  dan Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muhtadin Muflih Rangkuti SH MH. Peyuluhan dipandu pengurus Komisi Dakwah dan Pengembangan MUI Kota Medan Drs Zulkarnaen Sitanggang MA yang juga ketua panitia.

Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Mohd Hatta dalam paparannya berjudul “Masjid sebagai Pusat Dakwah Islamiyah” mengajak umat Islam menjadikan masjid sebagai pusat dakwah secara profesional, modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Prof Mohd Hatta saat membuka kegiatan itu mengapresiasi Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Medan yang secara berkala menggelar penyuluhan dakwah di masjid-masjid di Kota Medan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi para juru dakwah untuk mengajak kepada kebaikan dengan berlandaskan Islam wasatiyyah (tengah) atau moderat,” kata Guru Besar UINSU ini.

Narasumber lainnya, Prof Abdullah Jamil dengan topik “Penataan Masjid sebagai Pusat Dakwah” mengatakan,  masjid sebagai pusat dakwah harus ditata dengan manajemen modern. Sementara Muflih Rangkuti membahas “Problematika Dakwah”. Menurutnya, problematika dakwah ada yang bersifat internal dan ada yang bersifat eksternal.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs Zulkarnaen Sitanggang, MA kepada wartawan di sela-sela kegiatan mengatakan, penyuluhan dakwah diikuti 75 peserta terdiri dari utusan ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) Kota Medan, LDII Kota Medan, dan Fodium Kota Medan, serta pegiat dakwah dan BKM.

“Kegiatan ini kita harapkan menguatkan eksistensi umat Islam dalam segala bidang,” kata Zulkarnaen Sitanggang.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua BKM Al Falah Ustaz H Ramli Mansur, unsur pengurus Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kota Medan H Sahirin, Nuruddin Rangkuti BA dan Dra Hj Salimi MPd serta jemaah masjid Al-Falah. (Nas)

Print Friendly