5.698 Mahasiswa Baru Unimed Ikuti PAMB 2019

Sebanyak 5.698 mahasiswa baru Unimed mengikuti Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) pada 15-16 Agustus 2019.

KANALMEDAN – Sebanyak 5.698 mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) pada 15-16 Agustus 2019, di Gedung Serbaguna perguruan tinggi negeri (PTN) itu, Jalan Willem Iskandar Medan Estate.

Di awal acara, para mahasiswa baru mengikuti prosesi tepung tawar oleh pimpinan Unimed. Kemudian, para mahasiswa diberikan motivasi dan semangat baru agar lebih mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi S1 di Unimed.

“Kalian sekarang sudah menjadi warga baru kampus hijau pembentuk ilmuwan berkarakter. Adik-adik harus ikut serta menjaga lingkungan kampus agar terus kondusif,” kata Rektor Unimed Prof Syawal Gultom diwakili Wakil Rektor I  Prof Dr Abdul Hamid K MPd saat memotivasi mahasiswa baru.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Rektor III Prof Sahat Siagian, Wakil Rektor IV  Prof Manihar Situmorang  dan para dekan dan wakil dekan 3 di lingkungan Unimed.

Wakil Rektor III Unimed Prof Sahat Siagian saat menepungtawari mahasiswa baru Unimed pada acara PAMB di Gedung Serbaguna Unimed, Kamis (15/8).

Lebih lanjut Prof Abdul Hamid mengatakan, pada PAMB ini para mahasiswa baru itu akan diberikan pembekalan mulai pengenalan lingkungan kampus, sistem akademik, proses pembelajaran dan akademik yang harus diketahui mahasiswa baru.

Selain itu, mahasiswa baru akan diberikan materi Bela Negara yang akan disampaikan perwakilan Kementerian Pertahanan RI. Kemudian, sistem layanan informasi, unit-unit kegiatan mahasiswa dan kegiatan akademik lainnya.

“Sehingga selain kuliah, mahasiswa baru dapat memiliki tanggungjawab yang baik sebagai WNI, tidak percaya informasi bohong atau hoaks dan dapat mengikuti kegiatan mahasiswa untuk pengembangan minat dan bakat masing-masing selama studi di Unimed,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik Unimed ini.

Prof Hamid juga menghimbau mahasiswa dapat termotivasi untuk menjadi bahagian dari Unimed yang berprestasi dan berkarakter,  apalagi di sela-sela PAMB itu pihaknya  mengenalkan  mahasiswa yang akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) pada 26-30 Agustus di Kampus Udayana, Bali.

Sementara itu, Humas Unimed Muhammad Surif kepada wartawan mengatakan, PAMB dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari pertama seluruh kegiatan berlangsung di tingkat universitas dan pada hari kedua di tingkat fakultas masing-masing.

Sebanyak 5.698 peserta PAMB terdiri dari 787 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 867  Fakultas Bahasa dan Seni (FBS),  489 Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 1.342 Fakulta Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),  993 Fakultas Teknik (FT), 493 Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan 732 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE).

Pantauan wartawan, ada yang berbeda pada pelaksanaan PAMB Unimed tahun ini. Jika pada tahun sebelumnya peserta PAMB membawa topi kerucut, kalung pete, dan sebagainya, pada tahun ini pemandangan seperti itu tidak ada lagi. (Nas)

Print Friendly