Bupati Zahir Terus Perhatikan Penyandang Disabilitas

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP didampingi Wakil Ketua DPRD Sumarsono menerima Pengurus PPCI Batu Bara yang dipimpin Jekson  Hermanto, di Kantor Bupati Batu Bara.

KANALMEDAN – Bupati Batu Bara Ir Zahir, MAP menegaskan bahwa sebagai seorang bupati dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) akan memperhatikan penyandang masalah kesejahteraan sosial termasuk penyandang disabilitas.

“Saya akan serahkan 100 kursi roda bersama alat bantu pendengaran bagi penyandang disabilitas dalam rangka memperingati HUT ke-74 Proklamasi RI kepada para penyandang disabilitas yang membutuhkannya,” kata Zahir didampingi Wakil Ketua DPRD Batu Bara Suwarsono, dan anggota DPRD Ruslan dan M.Syafii di hadapan Ketua PPCI Kabupaten Batu Bara Jekson Hermanto, Senin (12/8) di Kantor Bupati Jalan Printis Kemerdekaan Lima Puluh.

Lebih lanjut Zahir menegaskan, di Kabupaten Batu Bara berdasarkan data Dinas Sosial terdapat 1.502 penyandang disabilitas yang tersebar di 12 Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara. Karenanya, kata Zahir, ia akan membangun 12 balai latihan kerja di 12 Kecamatan yang diberinama Balai Latihan Kerja Komunitas agar bisa dipergunakan sebagai tempat latihan keterampilan penyandang disabilitas, anak-anak putus sekolah, dan wanita rawan sosial ekonomi.

Dengan keterampilan yang dimiliki, penyandang kesejahteraan sosial diharapkan mampu membuka lapangan kerja baru sehingga tidak mengalami ketergantungan hidup dengan keluarga atau orang lain. 

Zahir ke depan tidak lagi memberikan bantuan berupa peralatan untuk membantu fungsi-fungsi sosial, tetapi mengembangkan unit-unit usaha ekonomi kreatif sekaligus akan  membantu pemasaran hasil usaha ekonomi kreatif di tengah-tengah masyarakat.

Sementata itu, Wakil Ketua DPRD Batu Bara Suwarsono menyampaikan, DPRD Batu Bara akan memberikan dukungan pernuh terhadap kebijakan yang diambil oleh Bupati Zahir agar angka kemiskinan dan pengangguran di Batu Bara bisa menurun.

Jekson Hermanto selaku Ketua PPCI Kabupaten Batu Bara didampingi Wakil Ketua Saut Sinambela, Sekretaris Rahmad dan Nelson sebagai anggota menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kebijakan yang diambil Bupati Batu Bata yang memperhatikan penyandang disabilitas.

Hermanto meminta bupati tidak lagi memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk penyandang disabilitas, melainkan melaksanakan berbagai pelatihan ekonomi kreatif sekaligus memberikan modal dasar awal sebagai upaya membangun usaha mandiri.

Dia juga menyampaikan rasa terimakasih dan rasa hormat kepada Bupati dan DPRD Batu Bara yang terus memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas maupun kepada para penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya. (Nas)

Print Friendly