Bupati Deli Serdang Dukung KKN Mahasiswa UMSU

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan (kiri) menerima cenderamata dari Rektor UMSU Dr Agussani MAP.

KANALMEDAN – Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menyatakan siap melepas sebanyak 3.331 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di sejumlah desa di Deli Serdang.

”Saya siap hadir di Kampus UMSU memenuhi undangan melepas mahasiswa UMSU yang akan melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Deli Serdang,” kata Ashari saat menerima audensi Rektor UMSU Dr Agussani MAP di kantor Bupati, kemarin.

Ditegaskan Bupati, Pemkab Deli Serdang menyambut baik program KKN mahasiswa karena diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Apalagi UMSU merupakan universitas kebanggan Sumut dengan banyak catatan prestasi.

 “Saya mengikuti perkembangan UMSU yang sangat luar biasa. Keberadaan mahasiswa UMSU di tengah-tengah masyarakat desa di Deli Serdang tentunya akan menjadi motivasi untuk kemajuan,” katanya.

Bagi Pemkab Deli Serdang, keberadaan UMSU cukup terbukti, salah satunya dengan menjadikan rumah sakit daerah Deli Serdang sebagai rumah sakit pendidikan. ” Saya senang kalau UMSU menjadikan wilayah Deli Serdang sebagai lokasi KKN,” katanya.

Sementara itu, Rektor UMSU Dr Agussani MAP sebelumnya menjelaskan, program KKN direncanakan dilepas pada 5 Agustus 2019. Direncanakan mahasiswa peserta KKN akan tinggal bersama warga selama sekitar satu bulan.

KKN dilaksanakan di wilayah Deli Serdang meliputi 59 desa dari 7 kecamatan yakni, Tanjung Morawa, Batang Kuis., Percut Sei Tuan, Beringin, Galang, Pantai Labu, Pancur Batu. Jumlah peserta yang telah terdaftar sebanyak 3331 orang, serta 120 dosen pendamping lapangan.

Dijelaskan rektor, KKN mahasiswa merupakan tuntutan kurikulum sesuai dengan program yang disusun Kemenristekdikti. “Kabupaten Deli Serdang sendiri dipilih karena sangat representatif untuk lokasi KKN mahasiswa,” kata Agussani.

Menurut Rektor, Kabupaten Deli Serdang sangat cocok sebagai lokasi KKN karena cukup kondusif bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba pengalaman dari masyarakat sekaligus menerapkan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Dalam hal ini diharapkan melalui Bupati Deli Serdang, para camat dan kepala desa bisa membantu kelancaran program KKN mahasiswa UMSU.

“Kami berharap dukungan bupati agar para camat dan kepala desa yang wilayahnya menjadi lokasi KKN bisa ikut membantu kelancaran dan memberikan perhatian kepada mahasiswa,” kata rektor.

Lebih lanjut, rektor mengungkapkan, pihak UMSU siap bekerjasama lebih lanjut dengan Pemkab Deli Serdang di berbagai bidang. Selain program KKN, dosen UMSU sebelumnya juga telah membangun pembangkit listrik mikro hidro di Dusun Bintang Asih Desa Rumah Sumbul, Tigajuhar dengan biaya yang ditanggung Dikti.

 “Terkait dengan program promosi produk unggulan daerah Deli Serdang dan pengembangan UMKM, UMSU juga memiliki tim yang siap membantu program tersebut,” tandas Rektor. (Nas)

Print Friendly