Calhaj dari Lima Kecamatan Manasik di KUA Deli Tua

KANALMEDAN – Sebanyak 78 orang jemaah calon haji dari lima kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, manasik haji di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Deli Tua.

Lima kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Delitua 28 orang, Kecamatan Patumbak 21 orang, Kecamatan Namorambe 13 orang,  Kecamatan Pancurbatu 12 orang  dan Kecamaran Birubiru 4 orang.

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Deli Tua,  Maraongku Siregar,  pelaksanaan mansik haji dari lima kecamatan itu  dipusatkan di KUA Kecamatan Deli Tua , karena masing-masing KUA tersebut tidak bisa melaksanakan manasik secara mandiri, sebab jumlah calon hajinya tidak mencapai 45 orang per kecamatan.

Oleh karena masing-masing KUA Kecamatan tersebut tidak bisa melaksanakan manasik haji  mandiri maka disepakati untuk merger  (bergabung) dan dilaksanakan di KUA Kecamatan Deli Tua.

“Alhamdulillah, pelaksananaan manasik haji,  baik teori maupun praktik berjalan lancar dan tingkat kehadiran para calhaj cukup menggembirakan,” kata Ongku seraya menambahkan, bahwa manasik haji bagi calhaj sangat penting, karena dengan ilmu manasik akan dapat membantu para calhaj dalam melaksanakan ritual ibadah haji secara mandiri.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang  H Tolibun Pohan dalam sambutannya berharap pada calhaj agar mengikuti mabasik dan memberikan perhatian penuh sampai selesai, karena ilmu manasik sangat membantu  jemaah calon haji dalam kelancaran pekaksanaan ibadah haji.

Dalam kesempatan itu, Tolibun juga berpesan agar menjaga kesehatan, kebersamaan dan kekompakan serta saling membantu bagi jemaah lain yang nembutuhkan bantuan.

“Melalui manasik haji ini, mari kita  wujudkan haji dan hajjah  yang mandiri untuk menggapai haji mabrur dan mabruroh,” harap Kakankemenag. (Sor)

Print Friendly