172 Calhaj Percut Seituan Deli Serdang Manasik Haji

KANALMEDAN – Sebanyak 172 Jemaah Calon Haji (Calhaj) Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, mengikuti prosesi manasik haji, Senin ( 8/7). Manasik haji tersebut  dibuka Camat Percut Seituan Drs Khairul Azman Harahap MAP.

Dalam sambutannya, Camat berpesan pada jemaah calon haji khususnya dari Kecamatan Percut Seituan dan Deli  Serdang pada umumnya, agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling membantu.

“Mari kita luruskan dan bersihkan niat dalam melaksanakan ibadah haji ini  dan tetap jaga kekompakan, kebersamaan dan saling membantu sesama jemaah yang membutuhkan,” harap camat.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Percut Seituan, M Ruslan MA,  mengatakan, jumlah calhaj Kecamatan Percut Seituan pada musim haji 1440 H/2019 M, sebanyak 172 orang terdiri dari 104 jemaah perempuan dan 64 jemaah laki-laki,  tergabung dalam  kloter 12 dan 16 Embarkasi Medan.

Jemaah haji tertua berusia 81 tahun atas nama Waginem dan jemaah termuda berusua 23 tahun.

Manasik haji kecamatan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan, dan setiap pertemuan selama 4 jam.

“Melalui manasik haji Kecamatan Percut Seituan, diharapkan pengetahun dan pemahaman para  calhaj tentang perhajian semakin bertambah luas dan pada saat pelaksanaan sesungguhnya  di tanah suci Mekkah. Diharapkan mereka nantinya akan  menjadi haji mandiri tanpa bergantung pada orang lain dalam hal melaksanakan ritual ibadah haji,” kata Ruslan.

Dalam kesempatan itu, Ruslan juga berpesan agar tetap menjaga kesehatan karena dalam melaksanakan  ibadah haji dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat. “Mudah-mudahan bapak dan ibu memperoleh haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh,” harap Ruslan.

Narasumber dalam manasik haji tersebut antara lain Kakan Kemenag Deli Serdang, H Tolibun Pohan, KTU Syawal Harahap, H Ahmad Qosbi MM dan Dr H Torang Rambe. (Sor)

Print Friendly