Rektor Unimed: Orang Berpuasa Harus Mampu Kendalikan Tiga Hal

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd didampingi Kahumas Unimed Muhammad Surif MPd saat diwawancarai wartawan seusai acara berbuka puasa bersama.

KANALMEDAN – Civitas akademikan Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar buka puasa bersama sekaligus mempererat silaturahmi di bulan suci Ramadan, di lantai I Biro Rektor Unimed, Kamis (23/5).

Hadir dalam acara itu, Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, para Wakil Rektor, para Guru Besar Unimed, dekan, Kahumas Unimed Muhammad Surif SPd MPd, dosen dan civitas akademika Unimed. Juga hadir Ketua Badan Pembinaan Qari-Qariah, Hafiz-Hafizah dan Seni Kaligrafi AlQuran (Bapqah Sika) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) H Lagut S Pulungan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom mengatakan, Ramadan adalah bulan yang penuh berkah yang diberikan kepada manusia.

“Puasa diwajibkan bagi kita (umat Islam) bagi orang-orang yang percaya. Dalam menjalaninya bukanlah mudah. Karena kita manusia yang diciptakan memiliki tiga hal, yakni akal, nafsu dan iman, harus mampu dikendalikan selama bulan Ramadan ini,” ujar Rektor.

Selama sebulan penuh, lanjutnya, orang-orang yang berpuasa harus mampu mengendalikan tiga hal tersebut untuk dapat menuju kemenangan, yakni meningkatnya ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Di bulan Ramadan inilah, akal, nafsu dan iman kita dilatih dalam sebulan penuh. Yang menjadi tantangannya bukan Ramadan, tapi setelah berlalunya Ramadan. Apakah kita mampu tetap mengendalikan yang namanya akal, nafsu dan iman kita setelahnya? Semoga kita mampu melalui itu semua,” harap Rektor.

Sementara itu, Ustz Dr Achmad Zuhri Lc MA dalam tausiyahnya menyampaikan, Ramadan adalah momentum perubahan. “Dengan momentum Ramadan ini diharapkan kita dapat membentuk karakter manusia yang lebih baik lagi dalam pengendalian nafsu,” ujar dosen Pascasarjana UIN Sumut ini. (Nas)

Print Friendly