Waspadai Longsor dan Banjir di Sumut

KANALMEDAN – Masyarakat diimbau agar mewaspadai potensi terjadinya banjir dan longsor, pada Senin (22/4) dan Selasa (23/4). Pasalnya, kedua potensi bencana tersebut diperkirakan terjadi baik di wilayah pegunungan, Lereng Barat, serta Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut)

“Potensi banjir dan longsor ini diprediksi berpotensi terjadi, karena ketiga daerah tersebut diprakirakan akan terjadi hujan lebat yang disertai dengan guntur, Senin (22/4),” kata Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Syahnan, Senin (22/4).

Pada Senin (22/4) daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat yakni Tarutung, Dolok Sanggul, dan Pangururan. Sedangkan untuk hujan petir diprediksi terjadi di kawasan Salak. “Cuaca ini umumnya akan berlangsung pada malam hari,” ujarnya.

Sementara itu, pada Selasa (23/4)  hujan lebat diprediksi akan terjadi di Sidikalang, Panyabungan, Salak, Pangururan, dan Padangsidimpuan. Kondisi ini juga umumnya kata dia, akan berlangsung pada malam hari.

“Untuk suhu udara, diperkirakan akan berlangsung mulai 18-32°C, dengan kelembapan udara 60-95% dan kecepatan angin 20 km/jam,” pungkasnya. (Nas)

Print Friendly