Kapolda: Terimakasih Masyarakat Sumut

KANALMEDAN – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 17 April 2019, telah berlangsung secara damai dan kondusif. Antusias masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi tersebut juga terbilang begitu tinggi.

Untuk itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat terutama bagi warga Sumut yang telah menggunakan hak pilihnya.

“Terima kasih kepada seluruh warga Sumatera Utara yang telah menyalurkan hak politiknya pada Pemilu 2019 ini,” ucap jenderal bintang dua tersebut, Jumat (19/4).

Dia menyebut, berdasarkan data yang dimilikinya, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 ini ternyata melebihi angka yang dicapai pada Pemilu 2014 serta pilkada Gubernur lalu. Tingkat partisipasi yang diperoleh pada pemilu kali ini sampai melebihi angka di atas 77,5 persen.

“Luar biasa. Artinya, animo pemilih untuk berpartisipasi naik cukup besar,” katanya.

Kendati demikian, Agus mengimbau, agar masyarakat dapat secara bersama-sama terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sumut. Terhadap hasil Pemilu, disarakannya masyarakat lebih baik menyerahkannya kepada pihak yang berkompeten sesuai bidangnya.

“Bila ada kecurangan, ya dilaporkan kepada Bawaslu. Kalau penyelenggara yang menyalah, ya laporkan ke DKPP, dan bila terjadi sengketa hasil silakan diajukan ke MK,” imbaunya.

Dia menegaskan, tindakan bersifat anarkis serta menimbulkan gangguan terhadap ketertiban umum maupun tahapan Pemilu 2019, pihaknya tidak akan memberi tolerir. Kepolisian bersama unsur TNI di Sumut tidak akan segan  melakukan tindakan tegas terukur sesuai ancaman yang dihadapi di lapangan.

“Pesta Demokrasi sudah ditentukan pilihannya, jadi tidak ada lagi 1 dan 2, yang ada 1+2=3. Sila ke 3 Pancasila itu adalah Persatuan Indonesia. Untuk itu, satukan perbedaan, satukan keberagaman, satukan tekad untuk menjaga kamtibmas secara bersama-sama,” pungkasnya. (Nas)

Print Friendly