Mahasiswa Biologi UMA Field Trip ke Kebun Buah Naga Pondok O Perbaungan

KANALMEDAN – Mahasiswa Fakultas Biologi (FB) Universitas Medan Area (UMA) melakukan field trip (studi lapangan) ke kebun buah naga Pondok O di daerah Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Rabu pekan lalu. Kebun tersebut dirintis sejak 2013 oleh almarhum Suhardi, alumni FB UMA,  dan kini dilanjutkan oleh Prayoga, putra Alm Suhardi.

Field trip tersebut dipimpin langsung Dekan FB UMA Dr Mufti Sudibyo MSi bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Abdul Karim SSi MSi dan dosen pembimbing.

Di lokasi, puluhan mahasiswa FB mendapat arahan dari Prayoga mengenai cara mengembangkan dan memetik buah naga.  Prayoga juga menjelaskan perbedaan buah naga milik Pondok O yang dikelolanya dengan buah naga yang biasa dibeli di pasaran.

“Ada perbedaan buah naga yang kami tanam di Pondok O dengan buah naga yang dari Pulau Jawa. Dari tekstur warna dapat kita lihat bahwa buah naga yang dijual di pasaran banyak berwarna kekuning-kuningan, ada juga yang hijau karena sengaja dipanen setengah matang agar lebih lama bertahan. Sedangkan buah naga yang kami hasilkan lebih merah merkah, karena ditanam menggunkan pupuk kompos berupa kotoran kambing dan tidak menggunakan bahan kimia” ucap Prayoga.

Dekan FB UMA Dr Mufti Sudibyo MSi  menjelaskan, field trip ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang proses penanaman, pemupukan sampai pemanenan. Kegiatan ini dapat menunjang mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan serta mengaplikasikan mata kuliah bioentrepreneurship di dunia usaha.

Mufti mengakui, buah naga yang ditanam di Pondok O Perbaungan memiliki rasa khas dibanding buah naga yang dijual di pasaran. “Buah naga yang dihasilkan Pondok O sangat manis serta warnanya merah merekah,” kata dekan. (Nas)

Print Friendly