DPRD Medan Dorong Pemko Benahi Drainase dan Infrastruktur

KANALMEDAN-Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli mendorong Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan pembenahan serta perbaikan terhadap drainase dan infrastruktur yang ada di Kota Medan. Pasalnya, sampai hari ini masih ditemukan jalan dan drainase yang rusak di kota terbesar ketiga di Indonesia tersebut.

“Kawasan Jalan Teuku Umar saat hujan, selalu banjir. Hal ini sangat menyulitkan warga bila melintas. Kita mendorong agar Pemko Medan segera menginventarisir jalan dan drainase yang rusak, untuk segera dilakukan perbaikan,” ungkap penasehat Fraksi Partai Golkar DPRD Medan itu saat melakukan peninjauan ke kawasan Medan Petisah, kemarin.

Ditegaskan dia, khusus Jalan Teuku Umar sudah lama dikeluhkan warga setempat. Hanya saja, belum pernah diperbaiki oleh Pemko Medan. “Saya lahir dan besar disini. Saya tau persoalan ini dan belum pernah dituntaskan. Padahal, kawasan ini termasuk inti kota Medan, tetapi masih ada genangan air,” cetusnya.

Dia meminta Walikota Medan dapat menurunkan tim terkait untuk segera menjawab keluhan warga, khususnya terkait jalan dan drainase yang rusak. “Sebaiknya, lakulan pengorekan dulu. Bila perlu, mari kita sama-sama gotong royong memperbaiki jalan dan drainase disini. Malu kita, inti kota saja masih kurang perhatian, apalagi daerah pinggiran,” ajaknya.

Ketua DPRD Medan, Henry J Hutagalung yang turut dalam peninjauan tersebut mengaku bila genangan air tersebut muncul karena buruknya sistem drainase akibat limbah dan sisa makanan rumah makan. “Apalagi sebagian warga sudah membuat beton, sehingga air sulit mengalir. Kedepan, kita minta agar beton ini dibongkar sebelum dilakukan pengorekan,” imbuh Henry.

Kadis PU Kota Medan, Isya Anshari memastikan pihaknya akan segera memperbaiki jalan dan drainase di Kota Medan, khususnya di Medan Petisah. Isya menyebutkan kendala yang mereka hadapi terkait titi beton yang dibuat warga, sehingga saluran air menjadi tersumbat. “Kalau warga bersedia membongkarnya dan sampah dikorek, pekerjaannya pasti cepat selesai,” imbuh Isya. (Jen)

Print Friendly