Di Reses Anggota DPRD Medan, Warga Helvetia Keluhkan Drainase Tersumbat

KANALMEDAN-Kondisi drainase (parit) di wilayah Pondok Surya, Medan Helvetia masih dikeluhkan masyarakat setempat. Mereka mengaku, drainase masih sering tersumbat dan berdampak banjir selalu terjadi bila hujan turun.

“Kami berharap drainase disini segera dikorek. Sebab, sudah banyak drainase yang terjadi pendangkalan sehingga tidak jarang terjadi banjir. Kami mohonlah diperhatikan,” ungkap Sabirin, warga Jalan Masjid saat mengikuti reses I anggota DPRD Medan, Dame Duma Sari Hutagalung di Jalan Pondok Surya, Senin (18/2).

Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Ardiansyah Siregar mengaku, sejak 5 bulan lalu, telah dilakukan pengecekan khususnya di Jalan Yos Sudarso. Mereka menemukan pada ujung drainase milik Pemko Medan dan Pemprovsu terjadi penyumbatan, persisnya di ujung parit menuju Sei Belawan.

“Kami sampaikan, mungkin terjadi diskomunikasi Pemko Medan dan Pemprov terkait saluran parit Helvetia ke Sei Belawan. Ada beberapa titik drainase di Helvetia yang tidak lancar karena ada sampah dan sedimen lumpur yang meninggi,” ujarnya seraya berjanji akan melakukan normalisasi khususnya di kawasan Medan Helvetia dan meminta masyarakat tidak membuang sampah sembarang ke drainase.

Senada dengan perwakilan Dinas PU, anggota DPRD Medan, Dame Duma Sari Hutagalung juga meminta masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, banjir juga terjadi karena masyarakat tidak peduli khususnya parit sebagai saluran pembuangan air.

“Parit atau drainase itu tempat saluran air. Bukan pembuangan sampah. Mari sama-sama kita jaga kebersihan khususnya di lingkungan masing-masing,” pinta dia.

Sementara Irma, warga Jalan Istiqomah Gang Mawar, berharap Pemko Medan memperhatikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di lingkungannya. Dia mengaku, LPJU banyak yang padam, sehingga penerangan jalan jadi minim dan menimbulkan aksi kriminalitas.

Pantauan dilapangan, turut hadir perwakilan Dinas Perkim dan TRTB, Tondi Nadia Nasution, Dinas Kesehatan, Dr Cut Elmi H Mkes, serta perwakilan Disdukcapil, Elviyanti Pohan. (Jen)

Print Friendly