Hj Rita Maharani Canangkan Gerakan Penanaman Cabai

Maharani

KANALMEDAN – Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mencanangkan program nasional gerakan penanaman cabai di Kota Medan, Selasa (18/4).

Pencanangan yang merupakan hasil kerjasama TP PKK Kota Medan dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan ini,  dilakukan di halaman Gedung Serba Guna PKK Kota Medan Jalan Rotan Proyek Petisah Medan.

Selain melakukan penanaman cabai secara simbolis, pencanangan juga ditandai dengan pemberian bibit cabai  kepada pengurus TP PKK Kecamatan se-Kota Medan.   Usai melakukan pencanangan, Hj Rita didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan, Muslim S.Sos MSP minta kepada seluruh pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan  agar melaksanakan gerakan penanaman cabai ini di wilayah kerjanya masing-masing.

“Saya minta cabai yang ditanam minimal 10 batang di setiap pekarangan rumah masing-masing. Selain rumah, cabai juga dapat ditanam di halaman kantor, sekolah maupun gedung-gedung yang berada di wilayah kerja TP PKK Kecamatan masing-masing,” kata Hj Rita.

Untuk memberhasilkan tanaman cabai ini, ibu tiga anak yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Kota Medan itu  berpesan agar masing-masing kecamatan maupun kelurahan dapat bekerjasama dengan para penyuluh pertanian lapangan (PPL) guna melaksanakan pemantauan sekaligus perawatan tanaman cabai dimaksud.

Dengan penanaman cabai yang dilakukan ini, Hj Rita berharap dapat membantu kaum ibu-ibu untuk mendapatkan cabai dengan mudah. Sebab, harga cabai diketahui sering mengalami fluktuasi  dan tak jarang sampai melejit sehingga sangat memberatkan ibu. “Jika ini berhasil, kaum ibu tak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan cabai,” ungkapnya.

Sebelum dilakukan pencanangan, seluruh pengurus dana nggota TP PKK Kecamatan mendapat bimbingan  nara sumber dari  Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan.  Nara sumber  menjelaskan secara rinci bagaimana tata cara menanam cabai yang baik, sehingga hasilnya memuaskan.

Tidak hanya cabai, Hj Rita juga mencanangkan penanaman tanaman obat keluarga. Seluruh pengurus maupun anggota TP PKK Kecamatan diharapkannya menanam toga di halam rumah masing-masing. Dikatakannya, tanaman toga ini cukup penting  karena berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

“Setiap anggota keluarga dapat membudidayakan tanaman toga ini. Selain untuk mewujudkan prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga, budi daya yang dilakukan ini dapat dijadikan usaha mendukung obat-obatan herbal.  Untuk itu mari kita budidayakan tanaman toga ini di halaman rumah masing-masing,” ajaknya.

Di samping pencanangan penanaman cabai dan tanaman toga, Ketua TP PKK Kota Medan melakukan pertemuan bulan dengan seluruh pengurus dan anggotanya. Dalam pertemuan itu, Hj Rita menyampaikan bahwa TP PKK Provinsi Sumatera Utara akan melakukan kunjungan ke Kota Medan dalam rangka kegiatan supervisi lomba-lomba PKK untuk 10 kegiatan lomba, Kamis (27/4) mendatang.

Sejalan dengan kegiatan supervisi tersebut, Hj Rita berpesan agar TP PKK Kecamatan dan kelurahan yang telah ditetapkan mengikuti lomba  ke tingkat provinsi Sumut agar benar-benar dapat membenahi kelurahannya masing-masing, sekaligus mempersiapkan laporan maupun kegiatan di lapangan sesuai dengan jenis lomba yang diikuti.

“Saya harapkan dari sleuruh kegiatan lomba yang diikuti dapat memperoleh prestasi sekaligus membawa nama baik Kota Medan,” harapnya. (Jen/HT)

Print Friendly