Kota Binjai Resmi Terapkan Aplikasi Smart City

?????????????

KANALMEDAN –  Pemko Binjai  akhirnya resmi menerapkan konsep smart city dalam meningkatkan pelayanannya kepada rakyat. Penerapannya ditandai acara grand launching e-Government dan peresmian gedung Binjai Command Center  yang berlangsung di Binjai, Kamis sore (30/03/2017).

Walikota Binjai HM Idaham Msi nampak sumringah saat tepuk tangan undangan mengiringi acara grand lounching e-Government itu. Peluncuran disaksikan langsung Gubsu Tengku Erry Nuradi, Wakil Ketua KIP Sumut Mayjen Simanungkalit, Walikota Medan, Bupati Sergei,pejabat mewakili Menteri Dalam Negeri dan tokoh penting lainnya.

Dalam acara itu, diluncurkan lima aplikasi online layanan masyarakat untuk mewujudkan Kota Binjai sebagai smart city (kota pintar).

Kelima aplikasi tersebut  yakni aplikasi  e-Masyarakat yang memungkinkan  warga Binjai dapat melaporkan semua permasalahan secara online. Aplikasi  e-Musrenbang yang merupakan aplikasi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan dari kepling hingga pemerintah kota.

Aplikasi e-RA merupakan aplikasi rencana dan anggaran. Kemudian, aplikasi  e-Dokter merupakan aplikasi sistem pendaftaran pasien pada RSUD. Aplikasi  e-Perizinan merupakan layanan perizinan di bawah pengelolaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Binjai.

Dengan penerapan konsep smart city ini, maka setelah grand launching kelima aplikasi ini, masyarakat tinggal mendownload dari aplikasi playstore saja.

Beberapa kota  di dunia yang telah mengimplementasikan konsep smart city antara lain London, New York, Amsterdam, Hong Kong, Paris, Singapura, Barcelona, dan Tokyo. Di indonesia sudah ada beberapa kota yang sudah menerapkan konsep smart city, diantaranya: Surabaya, Bandung, Balikpapan dan Makassar, DKI Jakarta. Sedangkan di Sumatera Utara, kota Binjai adalah pelopor.

Pengertian

Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas atau pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien. Memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya. Atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Smart City cenderung mengintegrasikan informasi di dalam kehidupan masyarakat kota.

Smart City didefinisikan juga sebagai kota yang mampu menggunakan SDM, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat. (Jen)

Print Friendly