Rapimnas KIP Susun Roadmap Keterbukaan Informasi

Jpeg

KANALMEDAN – Guna mempersiapkan Roadmap (Peta Jalan) untuk Keterbukaan Informasi di Indonesia, seluruh Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia berkumpul di Jakarta, Kamis (04/08/2016).

Ketua dan Wakil Ketua KIP Sumut HM Zaki Abdullah dan Mayjen Simanungkalit, juga ikut dalam perhelatan bernama Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dipimpin Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia, Jhon Presley Simanjuntak itu.

“Roadmap Keterbukaan Informasi di Indonesia  sangat penting, agar arahnya tidak nyasar dan sesat”, kata Mayjen Simanungkalit saat  dihubungi Kanalmedan.com.

Dalam Rapimnas ini, KIP Sumut memberi banyak masukan, agar pelaksanaan keterbukaan informasi di tanah air berlangsung efektif dan berada di jalan yang benar. Karenanya, seluruh pimpinan KIP se Indonesia  diajaknya agar memberi masukan berupa ide dan strategi guna memboboti rancangan peta jalan kerbukaan informasi itu.

Mayjen Simanungkalit mendesak Komisi Informasi Republik Indonesia  bergerak cepat, guna merealisasikan Roadmap Keterbukaan Informasi itu. Kebiasaan menunda waktu, dikhawatirkan menyebabkan ide dalam kertas kerja pimpinan Komisi Informasi Provinsi se Indonesia, tercecer entah kemana.

“Saya menyarankan setelah Rapimnas ini, Komisi Informasi Republik Indonesia segera membentuk tim kerja. Merumuskan ide-ide dan masukan di Rapimnas untuk dimasukkan dalam Peta Jalan Keterbukaan Informasi di Indonesia”, katanya.

Menurut dia, setidaknya akhir tahun 2016 ini, Peta Jalan sudah harus ada,agar Keterbukaan Informasi di Indonesia berjalan sesuai amanah UU No. 14/2008 tentang KIP. Karena, lambannnya implementasi Keterbukaan Informasi di Indonesia, salah satunya akibat tidak adanya Roadmap yang jadi pegangan.

Mayjen Simanungkalit menyarankan agar pakar dan akademisi di Perguruan Tinggi dilibatkan dalam menyiapkan naskah akademis (draft)  Roadmap. Sehingga kelak setelah menjadi dokumen resmi, barang itu sudah cantik dan mantap. (Jen)

 

Print Friendly